Begini Cara Membuat Podcast Yang Menarik

Abadikini.com, JAKARTA – Saat ini banyak sekali content creator maupun influencer yang membuat konten berbasis siaran radio atau sering disebut dengan istilah podcast. Banyak penonton yang tertarik dengan konten tersebut karena terdapat proses diskusi yang menarik dan terkesan lebih santai di dalamnya. Podcast adalah salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian publik karena terkesan lebih intens dan fleksibel jika dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.

Pengertian podcast

Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Namun, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Saat ini anda juga dapat menggunakan podcast melalui aplikasi pihak ketiga yang dinamakan dengan Anchor. Karena sifatnya yang on-demand, podcast sangat digemari oleh pengguna internet saat ini daripada mendengarkan siaran dari radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, serta waktu.

Sejarah podcast

Salah satu jurnalis The Guardian, Ben Hammersley pada tahun 2004, mengusulkan istilah “podcast” yang merupakan kepanjangan dari “play-on-demand” dan “broadcast”. Kemudian, diadopsi oleh perusahaan Apple, pada produk iPod dan Apple Podcasts.

Kemudian, Apple merilis fitur podcast pada tahun 2005. Siaran audio tersebut sudah bermunculan pada berbagai jaringan radio yang ada, seperti BBC, NPR, CBC Radio One, dan lain sebagainya. Untuk sekarang, tidak hanya perusahaan besar yang dapat menayangkan sendiri podcastnya, namun anda juga dapat melakukannya sendiri.

Jenis – jenis podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, selanjutnya kita akan mengenal jenis – jenisnya. Sehingga, dapat menambah pengetahuan dan informasi anda mengenai dunia penyiaran.

  1. Interview podcast

Jenis yang pertama, merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel YouTube Deddy Corbuzier.

  1. Solo podcast

Jenis yang kedua merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Dimana, dilakukan oleh host dan pendengar.

  1. Multi host podcast

Jenis yang ketiga, merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

Sehingga, pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat, dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast anda.

Cara membuat podcast

Selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai cara membuat podcast yang baik dan tepat. Untuk dapat mengembangkan konten yang menarik, dibutuhkan beberapa kebutuhan yang harus terpenuhi. Berikut merupakan beberapa langkah untuk membuat sebuah siaran radio yang menarik.

  1. Menentukan tema yang tepat

Cara membuat podcast adalah pertama, pastikan untuk menentukan terlebih dahulu tema atau topik bahasan yang ingin anda kembangkan. Saat ini sudah banyak podcast yang ditayangkan secara publik melalui layanan musik digital.

Beberapa media podcast juga menyediakan beberapa kategori seperti komedi, olahraga, politik, musik, film, dan lain sebagainya. Pastikan anda telah memilih topik dan niche yang sesuai dengan minat dan ketertarikan anda.

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Kemudian, mempersiapkan segala kebutuhan mengenai alat dan bahan untuk proses pembuatan. Sebaiknya, anda jangan menggunakan mikrofon built-in pada laptop atau komputer. Akan tetapi, gunakan saja mikrofon secara terpisah dan lebih profesional.

Anda juga dapat memilih jenis mikrofon yang memiliki fitur peredam suara yang baik agar ketika proses pembuatan tidak terganggu suara di sekitar anda. Serta, lakukan proses rekaman di dalam ruangan yang memiliki peredam atau jauh dari kebisingan.

  1. Membuat konten sesuai tema yang ditentukan

Setelah menentukan tema dan mempersiapkan alat sedemikian rupa, selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah pembuatan atau script untuk rekaman podcast. Untuk pertama, anda dapat merancang rekaman untuk perkenalan diri anda terlebih dahulu.

Kemudian, membuat script untuk tayangan podcast sesuai durasi yang ditentukan. Pada umumnya durasi untuk setiap siaran berkisar antara 20 hingga 60 menit. Disesuaikan kembali dengan topik yang akan dibahas. Dalam membawakan sebuah podcast, gunakan bahasa yang lebih informatif, jelas, padat, dan interaktif dengan narasumber.

  1. Menggunakan editing software

Banyak sekali aplikasi pengedit audio yang dapat anda gunakan, seperti Audacity atau Adobe Audition. Untuk anda yang membutuhkan software gratis, maka dapat menggunakan Audacity. Jika membutuhkan layanan fleksibel dan aplikasi penyunting audio yang lebih kompleks, kami merekomendasikan Adobe Audition.

  1. Melakukan proses upload

Cara membuat podcast yang terakhir adalah dengan melakukan proses upload hasil audio yang telah selesai dibuat. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa keterangan penting seperti judul, seri, deskripsi, kategori, dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan layanan dari pihak ketiga (third-party) seperti Anchor untuk mengunggah tayangan podcast ke dalam berbagai platform media digital yang ada. Seperti podcast Spotify, SoundCloud, dan YouTube.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker