Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Australia

Abadikini.com, JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Kunjungan kehormatan ini merupakan kunjungan kali keduanya setelah sebelumnya di tahun 2019 Pangab Australia melaksanakan kunjungan ke Mabes TNI dalam rangka meningkatkan hubungan dan kerjasama antara kedua Angkatan Bersenjata antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Australian Defence Force (ADF).

Rangkaian kunjungan kehormatan orang nomor satu di Angkatan Bersenjata Australia ini diawali dengan peletakan karangan bunga dan mengheningkan cipta (Wreath Laying) sebagai tanda penghormatan untuk arwah awak KRI Nanggala-402 di Museum Bhakti TNI dilanjutkan Courtesy Call kepada Panglima TNI.

Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC., menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kepemimpinan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI selama 4 tahun terakhir.

Jalinan hubungan dan kerja sama antara kedua Angkatan Bersenjata semakin erat. Bentuk-bentuk kegiatan yang diikuti oleh TNI dan ADF telah meningkat, khususnya di bidang latihan. Walaupun terdapat kendala pandemi, tetapi interaksi antara kedua institusi terus berlangsung.

Dalam pertemuan tersebut juga, dibicarakan peluang penguatan hubungan kerjasama pertahanan antara kedua negara yang telah terjalin sejak lama dan erat khususnya kerjasama antara TNI dan ADF di berbagai bidang, termasuk kerjasama penanggulangan bencana seperti pandemi Covid-19.

Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC., menyampaikan ungkapan terima kasih dan kebanggaan atas keterlibatan personel TNI dan BNPB dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Australia.

Sementara Panglima TNI mengapresiasi bantuan dari Pemerintah Australia untuk penanganan pandemi di Indonesia, serta keterlibatan Angkatan Laut ADF dalam upaya pencarian dan evakuasi KRI Nanggala di perairan utara Bali.

Panglima TNI menghargai keterbukaan dan interaksi langsung, serta berbagai inisiatif yang telah dilaksanakan, yang sangat penting bagi upaya membangun rasa saling percaya dan membangun hubungan yang lebih kuat di masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut juga, Panglima TNI memberi kejutan berupa pengumuman penganugerahan Bintang Yudha Dharma Utama dari Pemerintah RI yang nantinya akan dianugerahkan kepada Jenderal Angus Campbell.

Panglima TNI menyampaikan keyakinan bahwa kerja sama dan hubungan yang kuat tersebut akan terus terjalin dan meningkat di masa yang akan datang.

Turut hadir dalam kunjungan kehormatan tersebut, Atase Pertahanan (Athan) Australia untuk Indonesia Brigadir Jenderal Justin Rooke beserta staf Athan, para Asisten Panglima TNI dan Kepala Pusat Kerjasama Internasional TNI.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker