Fenomena Unik, Hujan Hanya Guyur Satu Mobil, Ini Penjelasan BMKG

Abadikini.com, JAKARTA – Suatu Fenomena hujan tak umum terjadi di daerah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Hujan hanya mengguyur satu area kecil, yakni mengenai satu unit mobil di parkiran.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan hal tersebut berdasarkan pantauan radar cuaca. Saat peristiwa itu terjadi, awan hujan memang terpantau di Cikarang.

“Berdasarkan hasil pemantauan dari citra radar BMKG pada 31 Oktober pukul 12.00 WIB, memang menunjukkan terdapat awan hujan di wilayah Cikarang dan sekitarnya,” ujar prakirawan BMKG, Selasa (2/11/2021).

BMKG juga menjelaskan soal peristiwa hujan yang hanya mengguyur satu mobil. Kondisi tersebut hanya terjadi dalam waktu singkat.

“Sedangkan untuk kejadian hujan yang sangat lokal tersebut bisa terjadi pada sel awan tunggal yang sedang tumbuh di wilayah yang dekat dengan sel awan hujan utama di sekitar wilayah tersebut. Kondisi tersebut umumnya berlangsung dalam periode yang sangat singkat,” jelasnya.
BMKG menyebut kondisi hujan sangat lokal itu sebagai fenomena yang biasa terjadi.

Namun BMKG menyatakan perlu ada kajian khusus terkait peristiwa tersebut, salah satu unsurnya ialah video yang utuh.

“Hal tersebut biasa terjadi, tetapi perlu dikaji lagi apakah benar-benar murni dengan hujan atau hal lain,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, fenomena hujan mengguyur satu mobil saja terjadi di sebuah parkiran di wilayah Cikarang. Peristiwa itu terjadi di tempat parkir sebuah hotel di Cikarang pada Minggu (31/10/2021) pukul 12.00 WIB.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker