Mathur Husyairi Gelar Reses di Pulau Kangean, Kades Adukan Warganya Sering Melahirkan Ditengah Laut

Abadikini.com, SUMENEP – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Bulan Bintang Mathur Husyairii melaksanakan serap aspirasi (Reses) tahun 2021 di kawasan Kepulauan Kangean, Sumenep, Jawa Timur, Minggu (31/10/2021).

Dalam reses tersebut ia mendapat berbagai keluh kesah dari masyarakat setempat. Diantaranya, keluhan soal infrastruktur jalan, pendidikan, administrasi kependudukan (adminduk), ketersediaan air bersih, hingga aliran listrik yang tidak merata. Selain itu juga ada masalah kesehatan.

Salah satu kepala desa Pulau Kangean, Ainur Ridho mengatakan, terbatasnya fasilitas kesehatan mulai dari dokter spesialis hingga kendaraan darurat menjadi masalah utama bagi masyarakat Kangean yang hendak berobat.

Apabila ada pasien sakit yang cukup parah maka harus dibawa ke rumah sakit yang letaknya di wilayah kota Sumenep. ia menambahkan perjalanan menuju kota Sumenep tersebut butuh waktu panjang.

“Ya harus nyebrang ke kota Sumenep, bahkan ada Warga disini yang sering melahirkan di atas kapal,” keluh kades Kalisangkah Pulau Kengean itu.

Dia pun meminta dukungan Mathur agar bisa memperjuangkan pemuda-pemudi asli Kangean untuk bisa bersekolah jurusan kedokteran.

Sebab jika warga Kangean sendiri yang menjadi dokter spesialis maka sepenuhnya akan berbakti dan bermanfaat bagi warga pulau Kangean.

“Tentu itu nantinya akan sangat bermanfaat bagi kita yang saat mengalami keterbatasan fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Merespons keluhan itu Mathur Husyairi berjanji akan membantu dan akan membahas persoalan tersebut pada rapat Komisi E yang bermitra dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Terbatasnya tenaga medis atau dokter spesialis asli Kangean, dia akan berusaha menjalin komunikasi dengan rektor yang ada jurusan kesehatan agar pemuda dan pemudi asal Pulau Kangean bisa kuliah dan menimba ilmu melalui jalur beasiswa.

“Kedepan kami akan mencoba komunikasi dengan rektor UNAIR, UB agar generasi di pulau Kangean bisa kuliah dan menjadi dokter spesialis,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker