Ketum Pemuda Bulan Bintang Minta Para Pemuda Harus Fokus Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam menyikapi krisis ekonomi global, pemuda harus kuat, tangguh dan jangan cengeng apabila bercita-cita ingin menjadi pemimpin di masa depan. Pemuda juga harus kreatif dalam memanfaatkan momentum yang ada dijadikan bahan untuk menggapai masa depan yang cerah.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Pemuda Bulan Bintang Wawan Sugiyanto saat jadi narasumber dalam diskusi refleksi Hari Sumpah Pemuda di Sekretariat PB HMI dengan tema ‘Pandemi dan Nasib Pemuda di Tengah Krisis Ekonomi’ pada Sabtu (30/10/2021).

Wawan mengatakan, pemuda hari ini harus lebih banyak kurang berbicara dan harus bergerak menjemput peluang yang ada di depan mata untuk berkarya dan tetap eksis dengan kemampuan potensi usahanya.

Lanjutnya, dengan demikian pemuda akan menjadi mandiri dan merdeka sesuai pilihan masa depannya. “Pemuda zaman sekarang harus lebih fokus untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan bukan berebut untuk mendapatkan pekerjaan,” kata Wawan dalam keterangan tertulisnya.

Di momen Sumpah Pemuda ini, Wawan meminta kepada seluruh pemuda Indonesia untuk bersatu dalam menciptakan kesejahteraan nasional.

“Kita ketahui peran pemuda sangatlah penting untuk negara maju dan terlebih penting lagi pemilih pemula harus menyalurkan hak pilihnya di pemilu yang akan datang,” ucapnya.

Menurutnya, pemuda adalah tongkat estafet sejarah masa depan bangsa, pemuda selalu tercatat dan tidak pernah absen memberikan kontribusi pemikiran dan karyanya.

“Maka dari itu, di pemilu mendatang suara anak muda atau kaum milenal akan sangat berpengaruh dalam kemajuan bangsa. Pemuda jangan diam saja, pemuda harus bergerak,” tegasnya.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Koordinasi Nasional LEMI PB HMI ini juga menghadirkan pembicara lainnya yaitu
Mega Oktaviany dari Researcher In Islamic Economic And Business Gunadarma University Pegiat Filantropi Indonesia. Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan PB HMI Periode 2021-2023 Arven Marta dan Direktur Eksekutif Bakornas LEMI PB HMI Periode 2021-2023 Sudirman Hasyim.

Sementara Sudirman Hasyim mengatakan bahwa kemajuan anak muda tergantung juga stimulus dari kebijakan negara untuk memperioritaskan anak-anak muda yang memiliki wirausaha.

Selain itu sejauh ini tampak bahwa pemuda masih banyak yang dililit kemiskinan bahkan ada yang usahanya bangkrut di tengah pandemi akibat modal dan akses yang sulit.

“Harapan kami agar pemerintah pusat maupun daerah mampu menempatkan kepentingan anak muda di tengah situasi pandemi,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker