Dukung Proyek Satelit Nano, Kominfo: Ini Karya Anak Bangsa

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung riset dan pengembangan satelit Nano yang kini tengah di garap oleh beberapa mahasiswa dan akademisi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan satelit nano ini merupakan karya anak bangsa yang dimulai 6 tahun lalu oleh mahasiswa Universitas Surya.

“Kehadiran satelit nano karya anak bangsa merupakan kekuatan kita mewujudkan Indonesia yang semakin digital, semakin maju,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, pada konferensi pers virtual, Senin (26/10/2021).

Sekelompok mahasiswa dan dosen di Universitas Surya mengembangkan satelit Nano atau cubesat dalam proyek bernama SS1 sejak enam bulan yang lalu.

Satelit nano ini sekarang sedang berada di tahap uji coba akhir dan rencananya perangkat akan dikirim ke Jepang bulan Desember nanti. Kemudian akan diluncurkan pada April 2022.

Kominfo dalam proyek satelit nano berperan dalam membantu perizinan Filling Orbit satelit ke International Telecommunication Union (ITU) dan koordinasi internasianl lainnya untuk orbit satelit.

Proyek satelit ini juga melibatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), melalui Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa sebagai pendamping. Sementara itu, dari sektor swasta, ada Pasifik Satelit Nusantara (PSN yang akan menyumbangkan komponan satelit dan Organisasi Amatir Radio Indonesia atau ORARI untuk membantu riset ground segment.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker