LaNyalla Apresiasi Pengabdian Tulus Bidan Eros untuk Suku Baduy

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, pengabdian Bidan Eros Rosita yang membantu persalinan masyarakat Suku Baduy, yang tinggal di Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten.

Menurut LaNyalla, perjuangan Bidan Eros yang tanpa pamrih tersebut harus mendapat perhatian pemerintah.

“Saya mengapresiasi sebesar-besarnya perjuangan Bidan Eros Rosita yang mengabdikan dirinya membantu kelancaran persalinan warga Baduy,” kata LaNyalla dalam keteranganya, Senin (25/10/2021).

Bidan Eros telah mengabdikan diri sejak tahun 1997 untuk membantu proses persalinan Suku Baduy. Setiap ada yang mau melahirkan, Bidan Eros rela menempuh perjalanan jauh agar proses persalinan berjalan lancar.

Perjalanan mencapai Desa Kanekes sendiri harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 28 kilometer dari rumahnya di Kampung Ciboleger.

“Medan perjalanan yang dilalui sangat sulit karena harus berjalan menaiki dan menuruni bukit. Namun, Bidan Eros tetap dengan kerelaan mau membantu proses persalinan Suku Baduy. Tentu harus ada apresiasi lebih bagi Bidan Eros sebagai pejuang kemanusiaan,” papar LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu melanjutkan, selain perjalanan yang sulit, warga Baduy masih banyak yang tidak percaya dengan bidan. Mereka masih melakukan proses persalinan dengan dukun beranak atau paraji.

“Hal ini tentu menjadi tantangan yang besar. Di lapangan, Bidan Eros harus menghadapi warga dengan penuh kesabaran,” kata LaNyalla.

Berbekal kesabaran itu, Bidan Eros berkolaborasi dengan para dukun beranak atau paraji untuk membantu
warga melakukan proses persalinan, imunisasi, mengobati warga yang sakit dan melakukan sosialisasi tentang kesehatan ibu dan bayi dengan mengunjunginya satu per satu rumah warga yang tengah mengandung.

Atas dedikasinya itu, LaNyalla juga mendorong Pemkab Lebak agar memberikan perhatian lebih kepada para pejuang kesehatan seperti Bidan Eros sebagai bentuk penghargaan terhadap dedikasi yang telah diberikan.

“Kita berharap hal ini akan dapat menginspirasi bidan-bidan lainnya dalam mewujudkan Indonesia sehat,” harap LaNyalla.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker