Trending Topik

Selamat, Ruksamin Raih Penghargaan dari FTI UMI, Alumni Pertama Profesi Insinyur

Abadikini.com, MAKASSAR Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin kembali menerima penghargaan pin emas keinsinyuran atas jasanya dalam kepeloporan keinsinyuran di Sultra.

Tak hanya itu, penghargaan sebagai alumni pertama program profesi insinyur se-Indonesia, juga diraih pria bergelar doktor ini.

Trofi itu, diserahkan di Grand Ballroom Myko Hotel dan Convention Center Makassar, Kamis (21/10/2021).

“Terkait penerima penghargaan kepada individu ini (Ruksamin Red..) adalah merupakan hasil rapat senat Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) kepada H. Ruksamin,” kata Dekan Fakultas Tehnik Industri, Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW.

“Selamat atas penghargaan ini. Anda telah berkontribusi besar terhadap pengembangan kerjasama keinsinyuran yang erat dengan Universitas Muslim Indonesia (UMI),” ujarnya.

Ruksamin dikenal sebagai sosok yang peka terhadap dunia pendidikan, dan menjadikan salah satu skala prioritas pada program kerjanya memimpin Bumi Oheo. Selain kesehatan, pertanian, perikanan, perkebunan.

Piagam Penghargaan. Foto: ist Abadikini/FB Ruksamin

Tercatat, 1.500 lebih mahasiswa lokal konut tersebar di 66 universitas yang tengah kuliah S1,S2 dan S3 peroleh beasiswa.

Kemudian menjalin kerjasama beasiswa dengan Universitas Lakidende Konawe, mengkuliahkan anak lokal Konut di bidang agro industri, 20 orang pertahun. Saat ini, sudah 80 orang.

Selanjutnya, 10 orang beasiswa kedokteran di China, dan menyekolahkan 100 guru honorer melalui kerjsama Universitas terbuka di Kendari.

Berkaitan hal diatas, tak heran jika Ruksamin yang kini memiliki gelar Dr.Ir.H.Ruksamin, ST.,M.Si.,IPU.,Asean Eng., menggenjot dunia pendidikan sebagai landasan membangun generasi penerus bangsa yang memiliki wawasan dan kualitas.

Lahir dari seorang anak guru yang hidup pas-pasan, tinggal di desa terpencil ujung Utara, dan bekerja serabutan demi untuk sekolah, membuktikan jika dirinya bisa menjadi orang yang berhasil, berguna bagi bangsa, daerah dan masyarakat.

Jenjang karir jabatan Ruksamin yang juga sebagai Ketua DPW Sultra Partai Bulan Bintang (PBB), mulai dirintis dari aktif berorganisasi, kemudian menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), naik posisi jadi Ketua DPRD, kemudian menjadi Wakil Bupati, selanjutnya terpilih menjadi Bupati sampai 2 periode hingga saat ini.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker