Peraturan Sepak Takraw Lengkap dan Terbaru

Abadikini.com – International Sepak Takraw Federation (ISTAF) mengatur regulasi mengenai kompetisi, termasuk peralatan dan pakaian pemain selama pertandingan. Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar dalam permainan sepak takraw yang perlu Anda ketahui.

1. Posisi dan jumlah pemain

Permainan sepak takraw mempertandingkan dua regu, di mana masing-masing regu terdiri dari tiga pemain. Setiap pemain akan memiliki peran tertentu dalam permainan, yakni tekong, killer, atau feeder. Posisi tekong berada pada lingkaran tengah lapangan, sementara killer dan feeder berada sebelah kiri dan kanan lapangan dekat net.

Masing-masing peran pemain sepak takraw akan menentukan tugas dan peran selama pertandingan, berikut ini adalah penjelasannya.

  • Tekong (Server). Pemain ini bertugas dalam melakukan servis untuk mengawali permainan. Saat melakukan servis, tekong bisa menendang bola dengan kecepatan tinggi untuk membuat lawan kesulitan bertahan.
  • Killer (Striker). Pemain ini bertugas untuk mengeksekusi serangan ke lapangan lawan. Saat bertahan, killer atau striker akan bertanggung jawab untuk memblokir tendangan dan smash dari pihak lawan.
  • FeederPemain ini harus memiliki kontrol atau penguasaan tinggi terhadap bola. Saat menguasai bola, feeder harus bisa memberi umpan yang mudah striker eksekusi. Feeder juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan tendangan dan blok.

2. Perlengkapan dan lapangan pertandingan

Secara umum, lapangan permainan sepak takraw mirip seperti bulu tangkis, tetapi dengan sejumlah perbedaan tertentu. Bola sepak takraw mulanya berupa anyaman rotan, namun kini telah menggunakan material serat sintetis. Sejumlah peraturan mengenai perlengkapan dan lapangan pertandingan sepak takraw seperti berikut ini.

  • Bola berbentuk bulat dan terbuat dari serat sintetis dengan 12 lubang dan 20 persimpangan anyaman. Ukuran bola memiliki keliling 41-43 cm dan bobot 170-180 gram untuk pria, sementara keliling 42-44 cm dan bobot 150 – 160 gram untuk wanita.
  • Lapangan permainan berukuran 13,4 x 6,1 meter yang terbagi dua dengan net dengan ketinggian 1,52 meter untuk pria dan 1,42 meter untuk wanita.
  • Pakaian olahraga terdiri dari jersey, celana pendek, kaus kaki, dan sepatu olahraga. Semua kaus harus dimasukkan dan memiliki nomor dari pemain masing-masing. Kapten tim akan menggunakan ban di lengan kiri yang memiliki warna berbeda dengan jersey.

3. Perhitungan skor pertandingan

Poin dalam pertandingan sepak takraw bisa diperoleh jika pemain mampu memasukkan bola ke lapangan permainan lawan dan lawan tidak bisa mengembalikan bola, atau lawan melakukan kesalahan. Setiap kondisi tersebut akan bernilai satu poin.

Secara umum, regu pertama yang mencetak 21 poin terlebih dahulu akan memenangkan set tersebut. Apabila terjadi keadaan seri 20-20 poin, maka wasit akan melakukan perpanjangan set hingga salah satu regu memiliki keunggulan dua poin atau maksimal mencapai 25 poin.

Permainan berlangsung dalam dua set dengan jeda istirahat dua menit. Regu yang menang dalam dua set akan memenangkan pertandingan. Namun, jika kedua regu sama-sama memperoleh satu set kemenangan, maka akan terjadi perpanjangan set tie- break.

Tie-break atau set ketiga ini hanya akan dimainkan hingga 15 poin saja. Jika terjadi keadaan seri 14-14, maka akan terjadi perpanjangan pertandingan hingga salah satu regu memiliki keunggulan dua poin atau maksimal mencapai 17 poin.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker