Sempat Dibungkam Kasusnya, Tentara Israel Dihukum 11 Tahun Usai Perkosa Wanita Palestina

Abadikini.com, TEL AVIV – Tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memperkosa seorang wanita asal Palestina. Skandal tersebut terjadi pada tahun 2017.

Akhirnya skandal tersebut mulai dirilis media setempat, setelah perintah pembungkaman atau sensor oleh pengadilan militer dicabut pada Rabu (20/10/2021).

Pengadilan Banding IDF memutuskan untuk membatalkan perintah pembungkaman atas skandal memalukan tersebut. Pengadilan militer sebelumnya menyensor skandal ini dengan alasan memiliki konsekuensi keamanan negara.

Situs berita Ynet mengajukan banding untuk membuka sensor. Media itu menang setelah pertempuran hukum selama bertahun-tahun.

Dalam sebuah pernyataan, militer Zionis Israel mengatakan perintah pembungkaman itu dianggap perlu, sebagian, untuk menjaga keamanan nasional.

Tentara pemerkosa, seorang perwira yang namanya tetap dilarang dipublikasikan, bertugas di Administrasi Sipil Kementerian Pertahanan. Dia bertugas mengawasi pengelolaan sehari-hari Tepi Barat.

Perwira berpangkat mayor itu bertanggung jawab untuk mengeluarkan izin bagi warga Palestina untuk masuk dan bekerja di Israel. Posisi kekuasaan itu, secara berulang kali dia manfaatkan untuk mengeksploitasi warga Palestina untuk memberikan layanan seksual.

Dia pertama kali didakwa pada awal 2016, tetapi kasus itu dikenai perintah pembungkaman yang ketat, yang memungkinkan outlet berita pada saat itu hanya melaporkan bahwa dia telah didakwa dengan “kejahatan seksual serius dan kejahatan moral lainnya.”

Dia divonis hampir setahun kemudian, pada Desember 2016, dan dijatuhi hukuman dua bulan kemudian hingga 11 tahun penjara. Mayor itu juga dicopot dari pangkatnya dan dengan cepat diberhentikan dari militer.

Selain itu, dia dipaksa untuk membayar NIS18.000 (USD5.600) sebagai ganti rugi kepada perempuan Palestina yang diperkosanya dan NIS9.000 (USD2.800) kepada perempuan lain yang dieksploitasi secara seksual.

Pada saat hukuman dijatuhkan, IDF mengatakan dia telah dihukum karena “pelanggaran seksual, pelecehan seksual, menerima suap, penipuan, pelanggaran kepercayaan, dan melampaui wewenangnya hingga menimbulkan risiko keamanan nasional.”

Beberapa rincian lain tentang kasus diizinkan untuk dipublikasikan pada saat itu.

Dalam putusan mereka untuk menghapus perintah pembungkaman atas kasus ini, panel tiga hakim dari Pengadilan Banding IDF menulis: “Tidak ada perselisihan bahwa ada kepentingan publik dalam mempublikasikan rincian kasus ini, yang memiliki implikasi parah bagi publik yang lebih luas.”

Perwira itu dinyatakan telah memerkosa seorang perempuan Palestina, yang datang kepadanya untuk mendapatkan izin bekerja di Israel, setidaknya dua kali.

Dia juga berulang kali melecehkannya secara seksual, mencoba membuatnya berhubungan seks dengan orang lain juga.

Pengadilan militer, sebagian berdasarkan rekaman audio yang dibuat wanita itu, memutuskan bahwa dalam kasus pemerkosaan pertama, petugas telah memaksanya untuk berhubungan seks dengannya dan kemudian menyuruhnya membersihkan lantai setelah itu, sebelum memberinya izin kerja.

Beberapa hari kemudian, dia meneleponnya dan mengatakan kepadanya bahwa dia telah mencabut izin itu dan sekali lagi memaksanya untuk berhubungan seks dengannya untuk mendapatkannya kembali.

Dalam kedua kasus tersebut, perempuan Palestina tersebut menolak tuntutannya untuk berhubungan seks, dan dalam kedua kasus tersebut, dia mengancam akan mencabut izin kerjanya jika dia memberi tahu siapa pun tentang pemerkosaan tersebut.

Dia juga dihukum karena menerima suap dengan memaksa perempuan Palestina lain untuk berhubungan seks dengannya beberapa kali dengan imbalan izin kerja. Terlepas dari ketidakseimbangan kekuatan yang jelas, ini tidak dianggap sebagai pemerkosaan karena korban tidak secara eksplisit menolak tuntutannya untuk berhubungan seks.

Selain itu, perwira tersebut dinyatakan bersalah atas beberapa tuduhan pelecehan seksual karena berulang kali meminta seorang pria Palestina dan seorang kenalannya untuk berhubungan seks.

Dalam kasus yang terpisah, perwira itu juga dihukum karena berbagi informasi intelijen yang dikumpulkan oleh dinas keamanan Shin Bet dengan dua perempuan Palestina yang telah meminta izin kerja kepadanya. Perwira itu melakukan kejahatan dari tahun 2013 hingga 2015.

Pada bulan Maret, perwira itu mengajukan banding atas hukumannya ke Pengadilan Banding IDF namun ditolak lantas Pengadilan banding menguatkan hukuman 11 tahun tetapi membatalkannya keputusan pengadilan yang lebih rendah yang memecatnya dari militer.

Itu sebagian besar merupakan keputusan prosedural, karena perwira itu pada akhirnya tetap dipecat dari militer. Hukuman pemecatan dari militer umumnya diperuntukkan bagi kejahatan yang lebih langsung membahayakan keamanan nasional. Perwira itu dikirim ke penjara sipil untuk menjalani hukuman 11 tahun penjara.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker