Rusia, China, dan Iran Bekerja Sama dengan Taliban, Ini Isi Kesepakatannya

Abadikini.com, MOSKOW – Rusia, China, dan Iran pada Rabu (20/10/2021) meraih kesepakatan untuk bekerja sama dengan Taliban dalam mewujudkan keamanan di kawasan Asia Tengah. Ketiga negara itu pun meminta para pemimpin baru Afghanistan untuk menerapkan kebijakan yang moderat saat memerintah.

Rusia menjadi tuan rumah dalam pertemuan yang membahas masalah keaman di Afghanistan. Moskow pun terus menegaskan pengaruhnya di Asia Tegah dan mendorong perlawanan terhadap para anggota ISIS yang disebut-sebut telah berkumpul di Afghanistan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ibu kota Rusia itu, perwakilan dari 10 negara termasuk China dan Iran berhasil mencapai kesepakatan. Dalam sebuah pernyataan bersama yang dirilis seusai pertemuan, mereka sepakat untuk terus mempromosikan keamanan di Afghanistan agar dapat berkontribusi pada stabilitas regional.

Negara-negara itu juga meminta Taliban untuk mempraktikkan kebijakan dalam dan luar negeri yang moderat dan sehat. “Serta mengadopsi kebijakan ramah terhadap negara-negara tetangga Afghanistan,” demikian kutipan pernyataan Rusia dkk itu, dikutip AFP pada Kamis (21/10/2021).

Terkait dengan kebijakan dalam negeri Afghanistan, Rusia dan negara-negara peserta pertemuan meminta Taliban untuk menghormati hak-hak kelompok etnik, perempuan, dan anak-anak di negeri yang bergolak itu.

Perwakilan negara-negara yang hadir dalam pertemuan di Moskow juga menyerukan upaya konsolidasi untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan kebutuhan ekonomi yang mendesak bagi rakyat Afghanistan. Menurut mereka, hal ini penting dilakukan dalam upaya rekonstruksi pascakonflik negara itu.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker