Global Exchange dan Media Alliance Menuntut Mark Zuckerberg Agar Dipecat Sebagai CEO Facebook, Apa Penyebabnya ?

Abadikini.com – Dua LSM, yakni Global Exchange dan Media Alliance menuntut CEO Facebook, Mark Zuckerberg agar meninggalkan perusahaan media sosial tersebut.

Global Exchange adalah kelompok hak asasi manusia internasional. Sedangkan Media Alliance adalah LSM yang mempromosikan penggunaan media untuk perubahan sosial.

Pada Minggu (17/10/2021), sekitar 20 demonstran mengadakan aksi unjuk rasa di depan kediaman Mark Zuckerberg di Edgewood DrivePalo Alto, California, Amerika Serikat (AS).

Mereka menuntut Mark Zuckerberg dipecat sebagai CEO Facebook, setelah seorang pelapor baru-baru ini membocorkan ribuan dokumen rahasia yang mengungkapkan bagaimana raksasa media sosial itu menyadari perannya dalam menyebarkan disinformasi dan membahayakan kesehatan mental anak muda.

Facebook baru-baru ini berada di bawah pengawasan ketat dari publik dan anggota parlemen federal setelah mantan manajer produk Facebook, Frances Haugen, membocorkan dokumen internal.

Dokumen internal Facebook itu, merinci bagaimana raksasa media sosial itu menyadari bahwa produknya, termasuk Instagram, menyebarkan disinformasi dan berdampak negatif. kesehatan mental remaja namun memilih untuk menghindari penerapan langkah-langkah keamanan yang efektif.

“Facebook, berulang kali, telah menunjukkan bahwa ia memilih keuntungan daripada keamanan,” kata Haugen dalam wawancara “60 Menit” pada 10 Oktober 2021.

Pada 5 Februari 2021, Haugen, yang bergabung dengan Facebook pada 2019 dan merupakan bagian dari tim misinformasi sipil, telah mendesak anggota parlemen federal untuk mengatur perusahaan dan meminta lebih banyak dokumentasi Facebook agar dapat melakukannya secara efektif.

“Saya di sini … karena saya percaya produk Facebook membahayakan anak-anak, memicu perpecahan dan melemahkan demokrasi kita. Kepemimpinan perusahaan tahu bagaimana membuat Facebook dan Instagram lebih aman tetapi tidak akan membuat perubahan yang diperlukan,” kata Haugen dalam kesaksiannya kepada anggota parlemen.

Sebagai tanggapan, Zuckerberg membuat pernyataan di Facebook bahwa perusahaannya telah mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan kesejahteraan penggunanya, seperti penyesuaian algoritma yang mendorong lebih sedikit video viral dan lebih banyak konten dari teman, keluarga. Dia menyebut Haugen salah mengartikan niat perusahaan.

“Sungguh menyedihkan melihat karya yang diambil di luar konteks dan digunakan untuk membangun narasi palsu yang tidak kami pedulikan,” tulis Zuckerberg.

Bocoran Haugen tersebut menambah panjang masalah Facebook. Sebelumnya, jejaring media sosial itu harus menangkis seruan untuk lebih banyak peraturan. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan tersebut dikritik karena memicu perpecahan dalam demokrasi di tengah pemilihan presiden 2020, berdampak pada kesehatan mental kaum muda, menyebarkan informasi yang salah tentang COVID-19, dan bahkan menghasut genosida di Myanmar.

Direktur eksekutif Media Alliance, Tracy Rosenberg, mengatakan hampir tidak mungkin meyakinkan miliaran orang untuk menghapus akun Facebook mereka. Jadi sebagai kompensasinya, pengguna seperti dirinya harus menuntut perubahan dari platform.

“Kami secara tidak langsung membayar Facebook dengan waktu, perhatian, dan keterlibatan kami, karena tidak ada Facebook jika kami tidak melakukan itu. Jadi sebagai pengguna, kami harus memiliki kekuatan kolektif di sini dan kami mencoba mewujudkannya,” ujar Rosenberg.

Dia mengakui, menyerukan Mark Zuckerberg untuk mundur sebagai CEO juga merupakan tantangan tersendiri. Rosenberg menyadari bahwa Zuckerberg memiliki kekuatan suara yang lebih besar di meja pemegang saham, itulah sebabnya dia percaya pengguna Facebook perlu menggabungkan kekuatan untuk mendesak perubahan.

“Kami memahami bahwa secara teknis dewan tidak dapat memecat Zuckerberg karena pengaturan saham. Namun, bukan berarti dia tidak bisa ditekan atau dipaksa mundur. Dan kami berharap bisa memulai pembicaraan itu,” kata Rosenberg.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker