Trending Topik

Cerita Menko Luhut Saat Kunjungan Kerja di Amerika Serikat

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menilai mungkin bagi banyak orang situasi pandemi ini begitu membatasi seluruh gerak dan aktivitas kita sebelumnya.

Namun, bagi dirinya memilih untuk setuju pada ucapan Presiden Joko Widodo bahwa pandemi ini adalah momentum kita untuk melakukan lompatan dan percepatan.

“Semangat itulah yang selalu saya bawa saat kunjungan kerja ke manapun bahkan ke Amerika Serikat saat ini untuk bertemu dengan beberapa pejabat penting disana juga sejumlah pimpinan perusahaan teknologi ternama,” kata Menko Luhut seperti dikutip dari akun Facebook pribadinya, Kamis (21/10/2021).

Menurut Luhut, kerjasama pengurangan gas rumah kaca serta percepatan dan transisi menuju EBT adalah pertemuan utama yang dia lakukan disana dengan Utusan Khusus Presiden Joe Biden untuk Iklim, John Kerry. “Hal ini juga saya bahas dengan Presiden World Bank David Malpass,” ujarnya.

Tetapi ada pertemuan yang tak kalah penting hari ini, dimana Luhut bertemu dengan Penasehat Keamanan Nasional (NSA) Jack Sullivan.

Kami membahas peningkatan keamanan kesehatan global, disamping beberapa komunikasi strategis antara Pemerintah Indonesia dan Amerika sendiri.

“Saya sampaikan pada Mr.Sullivan jika Amerika ingin membantu Indonesia secara konkrit, kita harapkan Perusahaan-Perusahaan Amerika dapat melakukan kerja sama melalui investasi dan produksi obat therapeutic covid di Indonesia yang sudah dalam fase “clinical trial” terakhir dimana kita tahu bersama bahwa obat ini bisa menjadi kunci penanganan pandemi,” jelasnya.

Kita tidak ingin hanya sekadar menjadi pembeli. Mendengar hal ini, Mr. Sullivan tampak optimis dan sepakat dengan saran dari Menko Luhut itu.

“Saya kira jika ini berhasil, penanganan pandemi kita bisa jauh lebih baik namun dengan catatan kita harus taat prokes dan melakukan percepatan vaksinasi,” beber Luhut.

Selain pejabat pemerintah AS yang mengapresiasi penanganan pandemi di tanah air hari ini, kata Luhut, beberapa perusahaan teknologi besar di Amerika, juga menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap berbagai reformasi yang dilakukan oleh Indonesia dalam meningkatkan iklim berinvestasi dan berusaha di Indonesia.

Apresiasi khusus juga disampaikan oleh MD IMF,Kristalina Georgieva yang takjub bahwa selain penanganan pandemi yang terkendali, langkah-langkah pemulihan ekonomi Indonesia bisa terlaksana pula lewat penguatan UMKM.

“Mudah-mudahan penguatan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional bisa terus kita dorong agar perekonomian Indonesia tetap bergerak meskipun di masa sulit seperti sekarang,”.

“Saya percaya bahwa apa yang diusahakan akan selalu mendapatkan jalan. Semoga dari apa yang diusahakan hari ini berbuah hasil dikemudian hari bagai negeri tercinta ini,” harap Luhut.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker