6 Makanan yang Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Lambung dan Gerd

Abadikini.com – Gerd terjadi saat asam dari lambung naik ke kerongkongan. Selain makanan yang dikonsumsi, alkohol, dan berat badan berlebih menjadi penyebab lain gerd.

Makanan bergizi yang memberikan rasa nyaman kepada lambung adalah kunci untuk mengendalikan asam lambung dan gerd.

Jika tidak ditangani dengan tepat, gerd dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan kematian. Berikut ini 6 makanan bergizi yang boleh dikonsumsi setiap saat bagi penderita asam lambung dan gerd:

1. Sayuran

Kandungan dalam sayur memang rendah lemak dan gula. Sayuran yang dapat dinikmati penderita asam lambung dan gerd diantaranya kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi. Jahe merupakan pengobatan alami untuk sakit maag, asam lambung, gerd dan masalah pencernaan lainnya. Jahe dapat dikonsumsi setiap saat, tambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam minuman untuk meredakan asam lambung dan gerd.

3. Buah Tidak Asam

Buah non jeruk dan buah yang tidak asam seperti melon, pisang, apel, dan pir, cenderung tidak memicu gejala asam lambung. Hidangan buah yang tidak asam, dapat dinikmati setiap saat bagi penderita asam lambung dan gerd.

4. Daging dan Makanan Laut Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut, dapat mengurangi gejala asam lambung. Bagi penderita asam lambung dan gerd, hidangan daging rendah lemak dan makanan laut dapat dinikmati dengan cara tidak digoreng.

5. Putih telur

Putih telur adalah pilihan yang baik. Kurangi konsumsi kuning telur karena dapat memicu gejala asam lambung.

6. Lemak sehat

Sumber lemak sehat diantaranya alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, serta minyak bunga matahari dapat dikonsumsi setiap hari bagi penderita asam lambung dan gerd.

Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans untuk diet yang lebih sehat. Mulas adalah gejala umum dari asam lambung dan gerd. Terkadang saat mulas, perut mengalami sensasi terbakar setelah konsumsi makanan tertentu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker