Trending Topik

Heboh, Warga Israel Berbondong-bondong Tanpa Busana Didekat Laut Mati

Abadikini.com, JAKARTA – Ratusan orang warga Israel terlihat tanpa mengenakan busana (telanjang) dan hanya mengenakan cat putih berjalan melintasi sebuah gurun di dekat Laut Mati, pada Minggu (17/10/2021).

Rupanya ini adalah bagian dari proyek fotografi terbaru seniman asal Amerika Serikat (AS), Spencer Tunick (54). Pemotretan ini dilakukan untuk menyoroti fenomena perubahan iklim (climate change) yang terjadi di dunia.

Dilansir dari South China Morning Post (SCMP), Tunick mengunjungi Israel sebagai tamu kementerian pariwisata. Dia menggarap proyek untuk menggambarkan Laut Mati yang terus menyusut melalui subjek telanjang.

Ini merupakan yang ketiga kalinya, ia melakukan hal serupa.”Bagi saya, tubuh mewakili keindahan, kehidupan, dan cinta,” kata Tunick.

Tunick menggambarkan lebih dari 1.000 model telanjang sebagai Laut Mati. Air laut itu surut sekitar satu meter setahun terakhir.

Israel dan Yordania telah mengalihkan sebagian besar air hulu untuk pertanian dan air minum. Sementara ekstraksi mineral dan penguapan yang dipercepat oleh perubahan iklim yang memperburuk masalah di sana.

Dia mengatakan memilih untuk menutupi model dengan cat putih untuk membangkitkan kisah Alkitab tentang istri Lot, yang dikatakan telah berubah menjadi tiang garam. Istri Lot sendiri adalah seorang perempuan dalam Alkitab yang dikatakan tak menuruti perintah Tuhan.

Sementara itu, salah seorang relawan yang merupakan mahasiswa doktoral Anna Kleiman (26) mengatakan dia bergabung dengan pemotretan untuk membawa kesadaran akan krisis lingkungan. “Rasanya sangat alami, begitu Anda melepas pakaian Anda,” katanya.

Beberapa pemimpin konservatif di Israel menentang proyek Tunick. Seorang politisi menuntut kementerian pariwisata menarik sponsornya.

Sumber: Reuters

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker