Bupati Bagikan Alat Berat di Solok, Pemerintah Nagari Hanya Tanggung Minyak

Abadikini.com, SOLOK – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir, beserta Kapolres Solok Kota AKBP. Ferry Suwandi dan Dandim 0309 Solok menyerahkan Excavator kepada Wali Nagari di Dermaga Singkarak.

Excavator diserahkan secara simbolis oleh Bupati Solok kepada Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Wali Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang, Wali Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak, dan Nagari Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas. Yang diterima langsung oleh Wali Nagari dan Camat masing-masing.

Bupati mengatakan penggunaan Excavator ini adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong dan semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan biaya pemeliharaan adalah tanggung jawab Pemda, Wali Nagari hanya menyediakan minyak.

“Mudah mudahan ekskavator ini bermanfaat dan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok,” kata Epyardi Asda dalam keterangannya, Selasa (19/10/2021).

Kata dia, setiap nagari dapat menggunakan Excavator secara bergiliran. Untuk berapa lamanya itu tergantung seberapa luas wilayah nagari tersebut.

Bupati mengatakan setelah Excavator mulai bekerja semua jalan yang sudah dibuat akan dicor, setelah itu diminta wali nagari untuk mendata masyarakat yang mempunyai lahan, dan pemilik lahan diminta untuk menggali lobang.

Selanjutnya pemda akan memberikan bibit gratis sesuai apa yang cocok ditanam di nagari tersebut. Setelah itu akan diusahakan listrik masuk ke ladang – ladang itu.

“Sekarang pemda sudah menyediakan bibit Durian, alpokat, pepaya, manggis, pisang dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya grastis untuk masyarakat Kabupaten Solok yang mau bertani,” ujarnya.

“Kemudian untuk menjual beras Solok dan hasil hasil pertanian lainnya kita sudah melakukan kerjasama dengan Pemda DKI jakarta dan Kota Pekanbaru serta sudah menjajaki kerjasama sama dengan Pemko Dumai. Serta akan mengundang mereka saat panen raya nanti,” terang Bupati.

Turut hadir dalam acara itu Camat dan Wali Nagari sekabupaten Solok.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker