Trending Topik

Jokowi ke Erick Thohir: Tutup BUMN Yang Sakit

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menutup BUMN yang sakit atau tidak efektif serta mampu merespons kemajuan zaman dalam perkembangan model bisnisnya.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato pengarahan kepada para Direktur Utama BUMN, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (16/10/2021).

“Dunia sudah kayak gini, revolusi industri 4.0, distrupsi teknologi, ada pandemi, dan kalau saudara-saudara tidak merespons dari ketidakpastian ini dengan adaptasi secepat-cepatnya,” ucap Jokowi di Manggarai Barat, Kamis, 14 Oktober 2021.

Jokowi kemudian memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menutup BUMN yang sakit karena tidak bisa diselamatkan dan tidak mengikuti perkembangan zaman.

“Kalau pak menteri (BUMN) sampaikan pada saya. ‘Pak ini ada seperti ini perusahaan kondisinya, BUMN’, kalau saya langsung, tutup saja!. Nggak ada diselamatkan, gimana kalau sudah kayak gitu,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi mendorong para direktur BUMN untuk beradaptasi pada model bisnis dan teknologinya.

Ia menyampaikan ada beberapa BUMN yang sudah cepat beradaptasi seperti BUMN perbankan, Telkom hingga Telkomsel.

“Yang lain, belum. BUMN Infrastruktur, BUMN transportasi, belum,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan saat ini ada 7 BUMN yang perlu ditutup. Pasalnya, perusahaan negara tersebut sudah lama tidak beroperasi meski masih memiliki pekerja.

7 BUMN tersebut yakni PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), PT Industri Gelas (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT Kertas Kraft Aceh (Persero), PT Industri Sandang Nusantara (Persero), PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional (Persero), dan PT Kertas Leces (Persero). (*)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker