5 Langkah Mudah Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Abadikini.com –  Jantung merupakan organ tubuh manusia yang memegang fungsi vital. Jadi dibutuhkan perhatian dan penanganan serius untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk yang tak diinginkan.

Saat ini, penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dr. Radityo Prakoso, SpJP (K), FIHA, setiap manusia memiliki faktor risiko penyakit jantung .

Faktor risiko tersebut, kata dr. Radityo, terbagi menjadi dua bagian, yakni yang dapat dimodifikasi, dan juga tidak dapat dimodifikasi.

Dokter Radityo memaparkan bahwa faktor yang tidak dapat dimodifikasi meliputi genetik atau keturunan, jenis kelamin, dan usia.

Sedangkan faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi meliputi diet yang tidak sehat karena kebiasaan masakan orang Indonesia, kurangnya aktivitas fisik, merokok, dan stres.

“Kondisi stres menyebabkan tekanan darah pada tubuh meningkat. Tekanan darah tinggi yang tidak dapat diatasi dengan baik, dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung,” terang dr. Radityo, dalam webinar Pola Makan Rendah Lemak untuk Jantung Lebih Sehat

Dokter Radityo pun menjelaskan langkah-langkah pencegahan penyakit jantung yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Diet makan sehat.

2. Melakukan aktivitas fisik.

3. Berhenti merokok.

4. Menghindari stres.

5. Konsultasikan ke dokter apabila sudah ada gejala.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker