Tips Memilih Server yang Tepat untuk Website Anda

Abadikini.com -Kepemilikan website sangatlah penting terutama bagi para pelaku usaha. Website bisnis akan mempermudah Anda untuk menjangkau konsumen lebih luas dan mempermudah strategi marketing. Pembuatan website harus direncanakan dengan baik termasuk memilih server yang tepat dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan layanan server yang pas bagi website bisnis Anda.

8 Cara Pemilihan Server Terbaik untuk Website

  1. Tentukan Kebutuhan Website

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan website tersebut. Setiap jenis website akan membutuhkan layanan server yang berbeda. Tergantung pada tujuan pemakaian website dan kecepatan akses yang diinginkan. Misalnya, website yang hanya digunakan untuk memuat company profile tentu akan memiliki kebutuhan berbeda dengan website yang dipakai untuk berjualan langsung sebagai toko online.

Anda sebaiknya membuat rencana website dengan matang terlebih dahulu. Nantinya dapat dicari tahu juga apakah website tersebut perlu disk space yang besar atau tidak. Bisa diketahui juga apakah website yang akan dijalankan perlu traffic yang besar atau tidak. Penting sekali untuk memahami kebutuhan website agar bisa menemukan server yang bisa mendukung kebutuhan tersebut.

Selain kebutuhan website, pikirkan juga berapa jenis website yang akan dipakai. Apakah cukup hanya dengan 1 website atau butuh beberapa website lainnya. Jika untuk keperluan bisnis, biasanya akan ada lebih dari 1 website yang akan dipakai. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memilih layanan server yang bisa menyediakan fitur host website dimana 1 hosting dapat menampung lebih dari 1 domain website.

  1. Konsultasikan pada Web Developer

Jika Anda menggunakan layanan jasa dari web developer maka konsultasikan dulu sebelum memilih layanan server. Harga pembuatan website yang sudah Anda bayarkan kepada pihak developer tentu sudah termasuk layanan konsultasi seperti ini. Web developer akan membantu Anda untuk memeriksa detail fungsi dari website tersebut. Dengan begitu Anda jadi paham server seperti apa yang bisa mendukung fungsi website.

Web developer juga biasanya akan memberikan rekomendasi yang tepat sesuai dengan jenis website yang dikembangkan. Tentunya rekomendasi dari web developer ini akan sangat tepat dan dapat memfasilitasi website Anda dengan sangat baik. Jadi tak ada salahnya untuk berdiskusi terlebih dahulu agar diarahkan ke server yang tepat. Apalagi untuk para pemula yang mungkin baru pertama kali mengelola sebuah website.

  1. Tentukan Lokasi Server

Penting juga untuk menentukan lokasi server yang akan digunakan. Saat ini begitu banyak provider yang menyediakan pilihan lokasi server beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan website. Ada server yang lokasinya di Indonesia maupun negara-negara lainnya. Sebelum memilih, cari tahu dulu lokasi server agar Anda bisa mendapatkan layanan terbaik sesuai kebutuhan.

Misalnya, Anda ingin mencapai target pengunjung asal Indonesia maka lebih direkomendasikan untuk memilih server Indonesia. Lain halnya jika Anda ingin menjangkau target pengunjung dari luar negeri maka Anda bisa menggunakan server luar negeri. Langkah ini akan membantu website selalu stabil dan mudah diakses oleh para target pengunjung.

Jika lokasi server-nya tepat maka akses menuju website akan semakin lancar. Hal ini akan meningkatkan user experience. Jika user experience meningkat maka traffic website pun akan ikut meningkat. Hal ini tentu menjadi harapan semua pengelola website karena bisa membuat peringkat website terus naik di mesin pencarian.

  1. Cari Tahu Harga Layanan

Tentunya pertimbangan harga juga tak boleh dilewatkan dalam pembuatan website. Anda harus tahu betul berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan server tersebut. Seringkali banyak orang berpikir bahwa layanan server hosting yang murah biasanya memiliki kualitas yang buruk. Kemudian banyak orang akhirnya menunda membuat website karena belum ada ketersediaan dana.

Pemikiran tersebut sebenarnya salah besar. Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini sudah ada banyak penyedia layanan server hosting yang harganya terjangkau tapi kualitasnya sangat bagus. Apabila dana terbatas, maka Anda tetap punya kesempatan menemukan jasa server yang harganya terjangkau namun tetap bisa diandalkan. Ke depannya Anda bisa melakukan upgrade jika sudah ada dana tersedia.

  1. Periksa Kapasitas dan Fiturnya

Berikutnya langsung cari tahu kapasitas dan fitur yang tersedia. Langkah ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan jika dari awal Anda sudah paham betul jenis website yang akan dijalankan. Itulah mengapa penting sekali untuk menentukan tipe website yang akan dibuat sehingga paham betul apa saja yang dibutuhkan.

Pertama sesuaikan kebutuhan website dengan ketersediaan kapasitas dari pihak server hosting. Jika website membutuhkan kapasitas besar maka pilihlah layanan server yang menyediakan kapasitas penyimpanan besar atau pilih tipe unlimited hosting. Selain itu Anda juga bisa memakai SSD karena biasanya akses akan jadi jauh lebih cepat jika dibandingkan tipe server yang memakai hardisk konvensional.

Kemudian perhatikan fitur-fitur yang tersedia. Cek saja fitur-fitur dasar yang dibutuhkan seperti CPU, RAM, bandwidth, dan lain sebagainya. Semua fitur ini harus sesuai dengan kebutuhan website Anda agar bisa berjalan dengan lancar dan bisa diakses mudah oleh para pengunjung.

  1. Perhatikan Uptime Server

Hal lainnya yang juga penting untuk diperhatikan saat memilih server website adalah uptime server. Nilai uptime server ini sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan karena akan berpengaruh pada kualitas penyedia layanan. Jika uptime server rendah maka bisa menjadi indikasi bahwa layanan server tersebut sering mengalami hambatan atau kendala.

Dari nilai uptime server ini Anda bisa mengetahui berapa banyak kemungkinan website Anda mengalami down. Pastikan bahwa risiko website down sangat minim sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna. Semakin tinggi nilai uptime server yang ditawarkan maka bisa menjadi bahan pertimbangan yang lebih baik.

  1. Pastikan Layanan Konsumen Berkualitas

Pilihlah penyedia server hosting yang menyediakan layanan konsumen atau customer service 24 jam. Mungkin hal ini terdengar sepele tetapi sebenarnya sangat penting. Website Anda bisa saja mengalami down sewaktu-waktu. Jika layanan konsumen tidak bisa dihubungi setiap saat maka Anda sendiri yang akan merasa kesulitan.

Gunakan layanan penyedia server yang customer service-nya fast respon artinya bisa langsung memberi tanggapan setiap kali Anda hubungi. Layanan tersebut juga harus bisa memberikan solusi dalam waktu singkat agar masalah website Anda tidak berlarut-larut. Jika kendala dalam website dibiarkan begitu saja maka akan sangat berpengaruh pada user experience dan menurunkan peringkat di mesin pencarian.

  1. Carilah yang Bergaransi

Anda juga sangat disarankan untuk memilih layanan server yang menyediakan garansi. Artinya, Anda bisa mendapatkan jaminan jika ternyata tidak puas dengan layanan yang mereka sediakan. Garansi ini sangat penting karena akan meminimalkan kerugian yang harus Anda tanggung jika nanti merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan.

Masalah garansi ini sebaiknya didiskusikan kembali dengan pihak penyedia jasa. Anda juga bisa melakukan negosiasi agar mereka menyediakan garansi yang menguntungkan bagi Anda. Dengan adanya jaminan garansi, Anda jadi merasa lebih yakin untuk mencoba layanan server dan memberi penilaian.

Pilihlah layanan server yang pas dan berkualitas untuk website Anda. Perhitungkan dengan cermat harga pembuatan website dan layanan server yang akan Anda pakai. Setelah semua siap, segera buat konten-konten menarik yang akan meningkatkan traffic website Anda.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker