Ini Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer

Abadikini.com – Ozon adalah gas yang terdiri dari tiga atom oksigen. Walaupun ozon hanya sebagian kecil dari atmosfer, ozon memiliki fungsi yang sangat penting bagi Bumi.

Apa fungsi lapisan ozon di atmosfer?
Fungsi lapisan ozon di atmosfer adalah untuk melindungi Bumi dari radiasi ultraviolet yang berasal dari Matahari. Jika lapisan ozon menipis, ini akan berbahaya untuk manusia. Radiasi ultraviolet berisiko menyebabkan kanker kulit dan mengganggu sistem imun manusia. Oleh karena itu penting untuk menjaga lapisan ozon agar tidak menipis dari atmosfer Bumi.

Lokasi lapisan ozon
di atmosfer Hampir 90 persen ozon berada di lapisan stratosfer. Lapisan stratosfer adalah lapisan atmosfer kedua dari Bumi. Lapisan ini berada di ketinggian 10 sampai 40 kilometer di atas permukaan Bumi. Pada lapisan ini, ozon yang menyerap radiasi ultraviolet akan terpecah dan menjadi dua molekul oksigen. Inilah yang menyebabkan atmosfer kita memiliki banyak oksigen. Molekul oksigen tersebut akan kembali berikatan dengan molekul oksigen lainnya menjadi ozon kembali.

Proses pembentukan molekul ini paling banyak terjadi di daerah tropis. Hal ini terjadi karena daerah tropis adalah daerah yang paling tinggi intensitas sinar ultravioletnya. Sebagian kecil ozon yang memasuki lapisan atmosfer terbawah, yaitu lapisan troposfer. Lapisan ini adalah tempat kita tinggal dan bernapas.

Ozon yang memasuki troposfer adalah polutan udara dan berbahaya bagi manusia dan tumbuhan. Ozon yang terhirup oleh manusia berpotensi menyebabkan masalah kesehatan, terutama masalah paru-paru dan organ pernapasan lainnya.

Penipisan ozon dan dampaknya Molekul oksigen pada ozon tidak hanya berikatan dengan molekul oksigen saja. Molekul tersebut bisa berikatan dengan senyawa lainnya. Yang perlu menjadi perhatian adalah ikatan oksigen dengan klorin dan bromin. Keduanya terkandung di dalam bahan kimia pendingin buatan manusia yang digunakan untuk kulkas, AC, dan benda pendingin lainnya.

Senyawa klorin yang akan mengurai ikatan ozon dan menyebabkan rusaknya lapisan ozon. Jika terjadi terus menerus, maka akan menyebabkan lapisan ozon menipis. Jika lapisan ozon menipis, maka akan terjadi peningkatan radiasi sinar ultraviolet. Ini akan menyebabkan kerusakan sistem perlindungan alami makhluk hidup di Bumi. Contohnya, sinar ultraviolet B berpotensi menyebabkan katarak dan kanker kulit.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker