Satgas TNI Yonif 751/VJS Hadiri Acara Bakar Batu di Mamberamo Raya Papua

Abadikini.com, JAYAPURA – Acara bakar batu adalah suatu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat di wilayah Papua terlebih daerah pegunungan, seperti yang dilaksanakan oleh masyarakat Kasonaweja dalam rangka menyambut Bupati Mamberamo Raya yang terpilih.

Dalam kegiatan tersebut, panitia acara mengundang personel Satgas TNI Yonif RK 751/VJS untuk menghadiri acara bakar batu di Kampung Kasonaweja, Distrik Mamberamo Tengah, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Sabtu (18/09).

Dipimpin Letda Inf Nurkholis selaku Danpos Kasonaweja beserta 8 personel memenuhi undangan dari panitia penyambutan Bupati Mamberamo Raya terpilih Bapak Dr. (HC) John Tabo dan Bapak Wakil Bupati Ever Mudumi.

Penyambutan dengan melaksanakan acara bakar batu ini merupakan salah satu bagian dari proses adat masyarakat setempat untuk menunjukkan luapan kegembiraan dengan bersama-sama menikmati hewan yang sudah dibakar dengan menggunakan sarana panasnya batu yang sudah dibakar.

Danpos Kasonaweja Letda Inf Nurkolis mengatakan bahwa kegiatan bakar batu ini adalah adat. “Kami dari pos sering mendapatkan undangan acara bakar batu seperti ini, acara ini sering dilakulan oleh masyarakat, baik yang sedang mengalami kedukaan maupun yang sedang berbahagia,” kata Nurkolis seperti dikutip, Senin (20/9/2021).

Sementara di tempat terpisah, Dansatgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS mengatakan bahwa kegiatan ini adalah ungkapan kebahagiaan masyarakat. “Undangan acara penyambutan Bupati terpilih tersebut sudah disampaikan ke saya, dan saya mengijinkan Danpos beserta sebagian personel pos untuk hadir tanpa mengesampingkan faktor keamanan, mengingat wilayah dimana kami bertugas merupakan daerah rahwan,” ujarnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker