Tiga Astronaut China Kembali ke Bumi Usai Misi 90 Hari di Luar Angkasa

Abadikini.com, JAKARTA – Tiga Astronot Chia kembali ke bumi setelah 90 hari di stasiun luar angkasa Tiagong. Kapsul Luar Angkasa China, Shenzhou-12 yang membawa mereka kembali ke bumi pada Kamis (16/9/2021).

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (17/9/2021), kapsul antariksa itu lepas dari modul utama astronaut Tianhe di Tiangong pukul 08.56 waktu China pada Kamis (16/9) kemarin.

Kapsul itu membawa tiga astronaut China, yakni Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo. Mereka sudah berada di luar angkasa selama 90 hari, dan menjadi misi antariksa paling lama yang dilakukan oleh Negeri Tirai Bambu.

Sebelum mendarat, ketiga astronaut itu terlebih dulu melakukan proses penghitungan proyeksi jarak dan titik pendaratan, kemudian meluncur memasuki atmosfer Bumi.

Selama memasuki atmosfer Bumi, komunikasi antara kapsul dan pusat pengendali dan komunikasi Badan Pesawat Luar Angkasa China (CMSA) akan terputus sekitar empat sampai enam menit.

Kapsul itu diperkirakan akan mendarat di wilayah Otonomi Pedalaman China-Mongolia pada hari ini.

Menurut laporan saat ini tim evakuasi di darat sudah bersiap menyambut kedatangan kapsul itu.

Selama tiga bulan misi antariksa, ketiga astronaut itu menyelesaikan sejumlah penugasan yakni mengatur kombinasi antara modul inti dengan pesawat ulang-alik kargo Tianzhou-2, mengunduh data penelitian, memasang kamera panoramik buat mengambil citra Bumi dari luar angkasa, serta membersihkan jalur dan menyiapkan persediaan di orbit dengan dipandu CMSA dari Bumi.

Ketiga astronaut itu meluncur ke luar angkasa pada 17 Juni lalu dengan pesawat ulang-alik Shenzhou-12 dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker