Alat Pengukur Kadar Emas dan Cara Mudah Mengetahui Keasliannya

Abadikini.com – Alat pengukur kadar emas merupakan salah satu alat yang penting untuk dimiliki, terutama bagi Anda yang gemar mengoleksi emas. Perhiasan emas sendiri terbukti dapat membuat penampilan lebih mewah dan berkelas. Selain itu, emas juga termasuk investasi yang terbilang cukup menjanjikan di masa sekarang ini. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika akan membeli perhiasan emas dalam bentuk apa pun.

Sayangnya, banyak orang yang menjual emas palsu atau emas yang lebih banyak campuran logam lainnya daripada emas murni. Hal ini tentu akan menimbulkan kerugian bagi beberapa pihak, terutama pembeli dan orang-orang yang jujur dalam memasarkan emas. Untungnya telah hadir alat-alat untuk mengukur kadar emas yang bisa dimanfaatkan untuk memastikan keaslian emas.

Jenis Alat Pengukur Kadar Emas

Perkembangan teknologi menghadirkan beberapa alat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya adalah alat untuk mengukur kadar emas. Terdapat beberapa alat yang dapat digunakan untuk mengukur kadar emas. Hadirnya alat ini memberikan angin segar bagi Anda yang sering khawatir akan tertipu ketika membeli perhiasan emas. Berikut ini beberapa alat yang bisa digunakan untuk mengukur kadar emas yang kami lansir dari blog detech:

  1. Gold Meter

Dewasa ini telah hadir  alat pengukur kadar emas yang bernama Gold Meter. Alat ini digunakan untuk mendeteksi emas dan membedakan emas palsu dengan emas asli melalui beberapa pengujian. Dengan kata lain, alat laboratorium yang satu ini berguna untuk mengukur tingkat keaslian emas.

Melalui alat ini, Anda juga bisa mengetahui apakah emas yang diperiksa adalah 100% emas murni atau mengandung campuran logam lainnya. Menguji kadar emas menggunakan Gold Meter dinilai sangat efektif dan efisien karena bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Proses pengecekan kadar emas menggunakan alat ini juga sangat aman karena tidak akan merusak sedikit pun emas yang diperiksa. Selain itu, Gold Meter memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

  1. Karatimeter

Satu lagi cara untuk mengetahui kadar emas tanpa merusak emas yang diperiksa, yaitu menggunakan karatimeter. Karatimeter adalah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui kadar emas hanya dalam hitungan menit dengan cara memindainya. Dengan karatimeter, Anda tidak perlu melebur emas untuk bisa mengetahui kandungan emas murni yang terdapat di dalamnya.

Menariknya lagi, tingkat akurasi dari pengujian menggunakan alat ini adalah mencapai 99,8 persen. Untuk mengetahui hasilnya, Anda hanya perlu menunggu maksimal 2 menit dan hasil kadar emas akan muncul pada layar komputer. Alat ini sudah sangat populer digunakan di luar negeri, seperti Cina dan India.

Di sana Anda harus membayar kurang lebih Rp 75.000 untuk menggunakan jasa pemindaian emas. Sedangkan di Indonesia, penggunaan alat ini bisa terbilang belum cukup populer dan belum banyak ditemukan di pasaran. Namun, Anda sudah bisa menggunakan jasa mengecek kadar emas dengan karatimeter di beberapa mal di kota-kota besar.

Cara Mengukur Kadar Emas

Cara mengetahui kadar dari suatu emas menggunakan Gold Meter maupun Karatimeter, tentunya sangat mudah. Anda hanya tinggal meletakkan emas yang akan diperiksa di atas alat, maka kadar emas akan muncul di layar yang tersedia. Selain menggunakan alat-alat tersebut, terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui asli atau tidaknya suatu emas.

Dengan menggunakan cara-cara ini, Anda tak memerlukan bantuan alat apapun agar bisa mengetahui keaslian suatu emas. Namun cara-cara ini hasilnya tidak lebih akurat daripada menggunakan Gold Meter maupun Karatimeter. Nah, berikut ini beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk mengukur kadar emas:

  1. Tes Asam

Cara mudah untuk melakukan keaslian emas yang pertama adalah dengan menggunakan cairan citric acid. Untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus menyiapkan wadah berbahan stainless steel kemudian letakkan emas di atasnya. Teteskan satu tetes cairan nitric acid ke atas emas kemudian tunggu reaksinya.

Jika emas yang diperiksa asli, maka tidak akan terjadi reaksi apa-apa. Sedangkan jika emas berubah warna menjadi putih susu, maka tandanya emas mengandung perak. Jika emas berubah warna menjadi kehijauan, maka artinya emas mengandung logam besi.

  1. Menggoreskan pada Keramik atau Kertas

Menggoreskan emas pada keramik atau kertas juga termasuk cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui keaslian emas. Apabila setelah digoreskan timbul warna hitam, maka artinya emas tersebut adalah palsu.

Emas yang asli tidak pernah meninggalkan goresan jika digoreskan pada keramik, kertas, atau apapun. Jika Anda berencana melakukan cara ini, sebaiknya lakukan secara berhati-hati. Pasalnya, menggoreskan emas pada permukaan benda lain berisiko menimbulkan kerusakan apabila kurang berhati-hati.

Demikian tadi penjelasan mengenai alat-alat pengukur kadar emas dan cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian emas. Jika Anda memerlukan pengujian kadar emas atau komposisi material Anda dapat mengujinya di PT Detech. Karena dengan mengetahui hal-hal di atas diharapkan Anda bisa lebih cermat dalam membeli emas. Sehingga bisa mengurangi kerugian yang dialami oleh berbagai pihak karena kecurangan pihak-pihak nakal yang memasarkan emas palsu.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker