Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Buat Aplikasi Pindai Penyakit Padi

Abadikini.com, JAKARTA – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan aplikasi untuk pemindai penyakit padi. Aplikasi itu diharapkan bisa membantu masyarakat petani yang sering gagal panen karena banyaknya penyakit

Mahasiswa UMM yang menciptakan aplikasi itu adalah Ulfah Nur Oktaviana, Tiara Intana Sari, Naufaldi Izad Firmana, dan Ricky Hendrawan dari jurusan Informatika, serta Alfian Dwi Khoirul Annas dari jurusan Agroteknologi menciptakan aplikasi bernama E-Rice Detector.

Ketua tim Ulfah Nur Oktaviana mengungkapkan, aplikasi ini dapat mendeteksi dan mengklasifikasi penyakit pada padi. Didukung dengan Deep Learning sistem berbasis Artificial Intelegence (AI), aplikasi ini akan memudahkan petani dalam mendeteksi penyakit yang menjangkiti padi.

“E-Rice Detector dilengkapi dengan Sistem AI dengan metode Deep Learning. Dengan begitu, petani bisa mendeteksi adanya penyakit sehingga akan membantu mencegah terjadinya gagal panen,” ucap Ulfah, saat dikonfirmasi , Selasa (31/8/2021).pagi.

Ulfah, sapaan akrabnya memaparkan bahwa E-Rice Detector memiliki empat fitur unggulan. Pertama, Pindai Penyakit Padi yakni fitur utama yang disediakan. Nantinya, pengguna hanya perlu mengambil gambar daun padi dan memilih tombol centang.

Kemudian akan muncul hasil, klasifikasi, serta deteksi penyakitnya. Adapun pemindaian ini memilik akurasi mencapai 97 persen.

1 2Laman berikutnya
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker