Peletakan Batu Pertama LaNyalla Menandai Dibangunnya Lagi Istana Uma Batu

Abadikini.com, ROTE NDAO – Dalam kunjungan kerjanya di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan kembali Istana Uma Batu Kerajaan Termanu, Rote Ndao, Sabtu (28/8/2021).

Peletakan batu pertama pembangunan kembali Istana Uma Batu, disaksikan Vicoas Trisula Pati Amalo dan Actry Mevi Amalo sebagai Manek atau raja beserta permaisuri kerajaan Termanu.

Selain itu, hadir juga Senator asal Lampung Bustami Zainuddin, Senator asal Sulawesi Selatan, Andi Muh Ihsan, Senator asal NTT Angelius Wake Kako, Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Yani WS Koeswodidjoyo dan Ketua Tim Pokja Kerajaan Nusantara Yurisman Star.

LaNyalla mengaku prihatin dengan kondisi Istana Uma Batu saat ini.

“Istana Uma Batu cukup mewakili sejarah di Pulau Rote. Namun, kondisinya sudah rusak. Dengan pembangunan kembali, kita berharap istana ini bisa dilestarikan dan dijaga. Pembangunan yang dilakukan pun tidak boleh menghilangkan nilai-nilai sejarah yang ada di dalamnya,” tuturnya.

Senator asal Jawa Timur itu berharap ada semangat baru bagi masyarakat Pulau Rote jika bangunan istana selesai dibangun.

“Mudah-mudahan dengan peletakan batu pertama dan jika istana ini selesai dibangun, ada semangat baru, ada kebangkitan kembali istana di Rote ini,” katanya.

Raja Termanu, Vicoas Trisula Pati Amalo, menyambut antusias pembangunan kembali Istana Uma Batu.

“Bukan kebetulan waktu kami dilantik Desember. Kami sempat sharing kepada saudara saudara semua bahwa kami ini ibarat mengumpulkan kembali reruntuhan yang bercerai berai dan berserakan untuk dikumpulkan menjadi satu. Dan itu bukan sekedar fisik, tetapi juga keluarga dan juga adat budaya. Kita bersyukur kita masih kuat,” katanya.

Raja Vicoas mengatakan, genteng Uma Batu yang rusak ternyata pernah diamankan dan dikoleksi oleh Pastor Leatner, seorang kolektor dari Austria.

“Kami tidak tahu ceritanya, tapi kami dengar lagi dia di Sabu. Suatu kali kami mencari pastor dan kami menginap di Sabu,” terangnya.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker