Sosialisasi Pembuatan Eco Enzyme dan Pengolahan Sampah Organik di SMPN 44 Surabaya

Abadikini.com, SURABAYA – Dalam lomba Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2021 yang diadakan oleh Tunas Hijau, sekolah SMPN 44 Surabaya mengikutsertakan Gabriela Kartika Ratnasari, untuk mengajukan suatu proyek yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan hidup yang ada dan sering terjadi, dan proyek yang diambil ECO ENZYME.

Salah satu program kerja yang dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Agusutus 2021 yaitu memberikan sosialisasi dan praktek langsung pembuatan eco enzyme bersama mahasiswa Kampus Mengajar UNESA dan seluruh warga sekolah SMPN 44 Surabaya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 44 Surabaya, Sri Widowati, kemudian dilanjut dengan sosialisasi Eco Enzyme oleh Gabriela selaku Peserta Putri Lingkungan Hidup 2021, yang menjelaskan tujuan diciptakannnya Eco Enzyme adalah unruk menyelamatkan bumi dan mengurangi sampah organik di lingkungan kita.

Sedangkan manfaat dari eco enzyme adalah bermacam-macam, di antaranya sebagai pembersih lantai, pembasmi serangga, pembasmi hama, pupuk tanaman, dan lain-lain.

Acara yang ditungu-tunggu adalah praktek langsung pembuatan Eco Enzyme bersama mahasiswa kampus mengajar Unesa dan para guru terjun langsung mengikuti arahan dari Gabriela Kartika Ratnasari.

“Pembuatannya berupa fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula merah, atau gula aren, atau molase / tetes tebu), dan air yang menghasilkan kandungan disinfektan karena adanya alkohol atau senyawa kimia asam dalam fermentasi tersebut,” jelas Gabriela. Kamis, (26/8/2021).

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker