Nyaris Pindah Klasifikasi, Akhirnya Evi Tiarani Tetap Tampil di Nomor 100 Meter Putri

Abadikini.com, JAKARTA – Pelari Indonesia Karisma Evi Tiarani akhirnya tetap tampil di nomor lari 100 meter putri T42 di Paralimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, sempat terjadi polemik dengan penyelenggara terkait penentuan klasifikasi.

Penyelenggara sempat me-review kategori disabilitas untuk menentukan klasifikasi Evi yang memiliki perbedaan panjang kaki, yakni kaki kiri lebih pendek daripada kanan.

Bahkan, Evi sempat diajukan untuk pindah ke klasifikasi T44 yang memiliki disabilitas kaki lebih ringan yakni setingkat kaki yang diamputasi di bawah lutut.

Padahal, Evi adalah atlet yang turun untuk klasifikasi T42 yang sederhananya dapat didefinisikan salah satu kaki mengalami gangguan yang sebanding dengan amputasi di atas lutut.

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto mengatakan sempat terjadi perdebatan dengan panitia Paralimpiade Tokyo untuk menentukan kategori.

“Selama ini Evi selalu tampil di kategori T42. Kedatangan Evi ke Paralimpiade 2020 memang dengan status review disabilitas,” kata Rima dalam siaran resmi NPC Indonesia, Minggu malam, 22 Agustus 2021.

“Dalam klasifikasi tadi, Evi sempat mau dipindahkan ke kategori T44 yang tingkat disabilitasnya berbeda dengan Evi dan memiliki disabilitas lebih ringan,” kata Rima menambahkan.

1 2Laman berikutnya
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker