Trending Topik

LaNyalla Sebut Kerajaan Sumedang Larang Salah Satu Pemegang Saham RI

Abadikini.com, SUMEDANG – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengunjungi Karaton Sumedang Larang (KSL), Sabtu (21/8/2021). Dalam kesempatan itu, LaNyalla menyampaikan pentingnya peran Kerajaan dan Kesultanan terhadap eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kehadiran LaNyalla dan rombongan, disambut Raja KSL, Paduka Yang Mulia Sri Radya HRI Lukman Soemadisoeria, beserta prameswari dan pengurus keraton lainnya.

Sedangkan Ketua DPD RI hadir bersama sejumlah senator, yaitu Fachrul Razi (Aceh), Bustami Zainudin (Lampung), Eni Sumarni (Jawa Barat), Habib Ali Alwi (Banten), Ahmad Nawardi (Jatim), Andi Muh Ihsan (Sulsel), Habib Abdurrahman Bahasyim (Kalsel), TB Ali Ridho Azhari (Banten), Asep Hidayat (Jabar).

Rombongan ini turut didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Sekjen DPD RI Rahman Hadi, Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara Yani WS Koeswodidjoyo, dan Ketua Tim Pokja Kerajaan Nusantara Dr Yurisman Star.

Rombongan senator mendapat sambutan alunan gamelan Kebo Jiro yang biasa ditampilkan untuk menyambut tamu-tamu agung. Dilanjutkan atraksi pencak silat Sunda dan tari topeng khas Sumedang.

Saat menyampaikan sambutan, LaNyalla berbicara soal pidatonya saat menjadi Pimpinan Sidang bersama DPR RI-DPD RI yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres KH Ma’ruf Amin pada Senin (16/8/2021) lalu. Dalam pidatonya itu, Ketua DPD RI juga menyinggung peran penting Kerajaan dan Kesultanan.

“Saya sengaja mengingatkan semua anak bangsa, bahwa Negara dan Bangsa ini lahir atas peran serta Kerajaan dan Kesultanan Nusantara. Bahkan bangsa ini sejatinya adalah bangsa yang besar dan kuat. Karena Kerajaan dan Kesultanan Nusantara telah memiliki peradaban yang unggul,” kata LaNyalla.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker