Trending Topik

Hadiri Pemakaman ABK WNI, Dubes Panama Sukmo: Saya Mewakili Keluarga Dan Negara

Abadikini.com, PANAMA CITY – Duta Besar RI Panama City Sukmo Harsono yang didampingi Counsellor Protokol dan Konsuler, Rheinhard Sinaga, turut menyaksikan langsung proses pemakaman jenazah Erman Suherman yang merupakan ABK WNI di Kapal Goei Maru 8.

Pemakaman dilakukan pada Rabu (18/8/2021) pukul 13.00 waktu Panama bertempat di pemakaman Muslim, Nuevo Empredador, Arraijan atau sekitar 24 km dari Panama City.

“Kehadiran kami di sini adalah untuk memantau langsung pemakaman Jenazah Erman Suherman. Saya hadir mewakili keluarga dan Negara. Sebagaimana telah digariskan oleh Presiden Joko Widodo,” kata Sukmo dalam video singkatnya.

“Sudah menjadi tugas perwakilan RI di luar negeri untuk menunjukkan kehadiran negara bagi WNI yang tertimpa musibah yang membutuhkan pelindungan dan pelayanan,” sambung Waketum Partai Bulan Bintang nonaktif ini.

Almarhum Erman meninggal dunia akibat Covid-19 pada 21 Juli 2021 di Kapal Goei Maru 8. Almarhum yang lahir di Cirebon tanggal 3 Mei 1963 ini meninggalkan seorang Istri dan dua orang anak.

Sebelum dimakamkan, jenazah terlebih dulu disalatkan di lokasi pemakaman pada saat penguburan. Pemakaman berlangsung dengan protokol kesehatan masa Covid-19 dan berjalan lancar serta singkat.

Adapun pemakaman ini telah terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga. Pemakaman dilakukan KBRI Panama City bekerja sama dengan Asosiasi Religiosa Sunni Musulmana de Panama (Asosiasi Sunni) dan Rumah Duka Memorial Le Blanc.

“KBRI Panama City akan memastikan pemenuhan hak-hak finansial dari Almarhum Sdr. Eman Suherman dibayarkan kepada Ahli Waris. Terkait hal ini, berdasarkan informasi Agen, hak-hak finansial yang masih pending adalah sisa gaji berjalan, bonus operasi, kompensasi dari pemilik kapal, dan asuransi,” kata Rheinhard.

Dubes Sukmo Harsono hadiri proses pemakaman jenazah Erman Suherman di pemakaman Muslim, Nuevo Empredador, Arraijan, Panama City, Rabu (18/8/2021) Foto: Istimewa

Untuk dikatahui, jenazah ABK WNI Erman Suherman adalah yang Jenazah ABK WNI yang ke-enam yang dikuburkan di Panama. Sebelumnya, ada sejumlah ABK lainnya yakni, Wisnu Ginanjar asal Batang, dikuburkan pada 11 Agustus 2015, Abdullah Abidin asal Cirebon, dikuburkan 17 September 2015, dan Wira Wahyudi asal Selakau, dikuburkan 27 April 2016.

Lalu ada Sudin asal Cirebon, dikuburkan 24 November 2016, Tarsono Bin Karmadi asal Indramayu, dikuburkan 2 April 2017

KBRI Panama City memastikan akan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi WNI. Mereka juga menjanjikan kehadiran negara bagi WNI yang membutuhkan perlindungan dan melaksanakan kebijakan pemerintah RI khususnya bagi WNI yang tinggal di wilayah kerja KBRI Panama City.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker