Taliban Masuki Kabul, AS Evakuasi Diplomat Dari Afghanistan

Abadikini.com, KABUL – Gerilyawan Taliban memasuki ibu kota Kabul pada, Minggu (15/8/2021), kata pejabat kementerian Afghanistan, ketika AS mengevakuasi para diplomat dari kedutaan besarnya dengan helikopter.

Pejabat senior Afghanistan mengatakan Taliban datang dari “segala penjuru”, namun tidak menjelaskan lebih rinci.

Tak ada laporan tentang pertempuran. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan dalam pernyataan bahwa mereka berbicara dengan pemerintah tentang penyerahan Kabul secara damai.

Masuknya Taliban ke ibu kota itu menegaskan kemenangan kelompok bersenjata yang digulingkan Amerika Serikat 20 tahun lalu dari puncak kekuasaan menyusul serangan 11 September 2011 di AS.

Runtuhnya pertahanan pemerintah Afghanistan mengejutkan para diplomat karena pekan lalu intelijen AS memprediksi Kabul akan jatuh dalam waktu tiga bulan.

“Pejuang Taliban bersiaga di semua jalan masuk ke Kabul sampai penyerahan kekuasaan secara damai dan memuaskan disepakati,” kata pernyataan itu.

Sebuah cuitan dari istana kepresidenan Afghanistan mengatakan suara tembakan terdengar di sejumlah tempat di sekitar Kabul namun pasukan keamanan bersama mitra internasional telah mengendalikan situasi.

Belum ada penjelasan resmi dari Presiden Ashraf Ghani. Seorang pejabat istana mengatakan dirinya sedang berbicara dengan utusan khusus AS Zalmay Khalilzad dan para petinggi NATO.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker