Mengintip Angkernya Gunung Merapi, Ada Kerajaan Gaib

Abadikini.com, JAKARTA – Gunung Merapi, tak hanya dikenal keindahan alam dan tragedi letusannya, Merapi juga menyimpan banyak cerita mistis. Menariknya, sebagian besar mitos itu dipercaya sampai sekarang.

Gunung yang berlokasi berada di empat Kabupaten di dua Provinsi yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta ini menyimpan cerita mistis nan angker, berikut tempat-tempat angker gunung Merapi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Menurut cerita dari kitab-kitab kuno, Gunung Merapi awalnya bernama Jamurdwipa dan terletak di Laut Selatan Jawa. Gunung indah ini menjulang tinggi, dijaga oleh sepasang kakak beradik pengrajin keris.

Melihat Pulau Jawa yang nyaris tenggelam karena lebih condong ke arah barat, para dewa berniat memindahkan satu gunung ke tengah-tengah sebagai penyeimbang. Gunung Jamurdwipa ini yang dipilih, karena letaknya nggak seberapa jauh.

Sayangnya saat itu kedua pengrajin keris belum merampungkan pekerjaannya. Mereka meminta sedikit waktu, namun para dewa menolak dan segera memindahkan gunung ke lokasi Merapi saat ini.

Sepasang pengrajin keris itu mengancam, jika mereka dipindahkan paksa dengan kondisi perapian yang masih menyala maka kelak akan terjadi petaka abadi. Benar saja, magma di dalam Merapi hingga kini nggak henti-hentinya memanas. Hanya menunggu waktu saja untuk meletus dan mengalir ke luar.

Tak hanya legenda asal usul terbentuknya Merapi, beberapa tempat diyakini para pendaki memiliki suasan angker dan terbukti kebenarannya.

1. Pasar Bubrah
Tempat angker yang paling terkenal di Gunung Merapi adalah Pasar Bubrah. Pasar Bubrah merupakan sebuah punggung bukit yang tepat berada di bawah kawah Merapi.

Keadaan di lokasi ini cukup datar dan didominasi dengan bebatuan sisa letusan terdahulu.
Di lokasi ini juga tidak terdapat pepohonan tinggi besar. Jaraknya yang hanya satu kilometer sebelum kawah puncak Merapi membuat Pasar Bubrah menjadi lokasi favorit untuk beristirahat. Banyak pendaki yang mendirikan tenda di sini untuk bermalam dan menunggu matahari terbit keesokan harinya.

Nah ketika malam hari itulah para pendaki biasanya mendengar suara riuh di lokasi tersebut. Di bawah puncak Gunung Merapi ada daerah batuan dan pasir yang dikenal dengan nama Pasar Bubrah.

Masyarakat setempat dan pendaki yang pernah kesana percaya bahwa tempat itu sangat angker. Banyak orang meyakini lokasi itu sebagai pasar besar Keraton Merapi, dan pada batu besar yang berserakan di daerah itu dianggap sebagai warung dan meja kursi milih roh dan makhluk halus. Ketika para pendaki mencapai kawasan ini, mereka akan dihimbau untuk menjaga kata dan perilaku

2. Bunker ‘berlangsungnya’ kisah misteri Gunung Merapi
Pada suatu hari, di sebuah hari Minggu, ada seorang wisatawan yang mengikuti lava tour dan perlahan menghampiri bunker. Bunker itu memiliki tangga menurun ke arah pintu. Dia turun dan menengok situasi di dalam bunker yang memang gelap.

Setelah pintu besi bunker yang berat didorong, terlihat satu ruangan lapang seukuran ruang kelas di dalam bunker. Bentuk ruangannya setengah lingkaran, dengan bekas lahar panas yang telah membatu di tengah bunker. Satu-satunya sumber penerangan hanyalah cahaya dari pintu masuk bunker. Beberapa saat kemudian, dia segera beranjak keluar dari bunker. Tiba-tiba ada suara menangis dari bunker yang dia tinggalkan itu.

3. Kraton Merapi
Di atas telah banyak disinggung jika Gunung Merapi dikuasai oleh kerajaan gaib yang sering disebut sebagai Kraton Merapi. Kraton Merapi ini sudah ada semenjak jaman Keraton Mataram. Bedanya, Keraton Merapi semuanya dihuni dan dikendalikan oleh bangsa jin.

Kraton Merapi dikenal memiliki hubungan yang erat dengan Keraton Mataram pada masa lampau. Bahkan ada cerita yang mengatakan jika Keraton Merapi membantu Kerajaan Mataram untuk mengalahkan Kerajaan Pajang dengan cara menewaskan pasukan Kerajaan pajang lewat letusannya.

4. Hutan, bukit, telaga, batu, dan goa semuanya angker
Beberapa hutan yang dianggap angker yaitu Hutan Patuk Alap-Alap, yang digunakan sebagai tempat penggembalaan ternak milik Keraton Merapi. Ada lagi Hutan Gamelan dan Bingungan, serta Hutan Pijen dan Blumbang. Katanya, beberapa jenis binatang keramat tinggal di hutan sekeliling gunung Merapi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker