Suburan Mana Tanah Indonesia atau Panama? Ini Pengakuan Dubes Sukmo Harsono

Abadikini.com, JAKARTA – Dubes RI untu Panama City Sukmo Harsono mengatakan tingkat kesuburn tanah di Indonesia jauh lebih subur di bandingkan dengan ditempatnya ia bertugas sekarang, Panama City.

“Kalau berbicara kesuburan alam, boleh dikatakan Indonesia jauh lebih subur,” kata Sukmo Harsono dalam sebuah diskusi virtual menyapa Warga Indonesia dari Republik Panama yang dilihat Abadikini.com dari Youtube detiktv, Minggu (8/8/2021).

Dikatakan Sukmo, dirinya pernah mencoba menanan biji cabe merah, namun tumbuhnya tidak subur dan berbuah hanya satu. Bahkan akuh Sukmo, cabe merah yang biasa tumbuh hingga diatas setengah meter tapi kalau di Panama tidak.

“Saya pernah membawah biji cabe merah, saya coba tanam 3 biji di sini ternyata tidak bisa tumbuh besar, hanya satu cape itu bisa tumbuh, satu pohon hanya bisa berbuah satu,” ujar Sukmo.

“Kalau di Indonesia tingginya batang cabai bisa lebih dari setengan meter, di sini (Panam-red) hanya bisa tumbuh tidak lebih dari pada 20 cm,” sambung Sukmo.

Lanjut Sukmo, ini juga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kesumburan tanah yang bagus, begitu juga kata dia, seperti buah pepaya, tidak semua tempat di sini cukup bagus.

“Saya kira yang bagus di sini adalah pohon pisang, untuk pisang kita harus akui bahwa Panama memiliki tanah yang cukup bagus untuk pohon pisang dan juga Nanas,” bebernya.

Sehingga, Sukmo menyimpulkan bahwa, dari segi alam Indonesia apa yang dikatakan oleh Koes Plus bahwa tongkat, kayu, dan batu jadi tanaman adalah benar adanya Indonesia negara yang sangat subur

“Karena apapun yang kita taruh di situ pasti tumbuh,” tegas waketum nonaktif Partai Bulan Bintang itu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker