Luar Biasa, Demi Kemanusian Relawan Muhammadiyah Bantu Makamkan Pasien Covid-19 Warga Non Muslim

Abadikini.com, MAGELANG – Relawan Muhammadiyah turut serta membantu penanganan covid-19 di berbagai daerah, seperti penyediaan ambulans dan pemulasaran covid-19. Mereka hadir membantu masyarakat tanpa pandang perbedaan suku, ras, agama dan kepercayaan.

Seperti pengakuan Koordinator Lapangan Pemakaman Covid-19 Magelang, Tri Susanto, dia mengaku perannya dan rekan relawan lainya membantu masyarakat ditengan pandemi sangat membanggakan. Terlebih di Magelang sendiri ada beberapa daerah yang masih belum siap untuk pemakaman sesuai prosedur kesehatan.

Meski begitu terang dia, itulah kesempatan bagi tim relawan Muhammadiyah berperan. Tidak hanya warga Muslim saja tetapi tim juga membantu warga non muslim juga.

Ia menuturkan, seperti ketika dihubungi bahwa ada salah satu jenazah yang membutuhkan pemakaman prokes, dengan menyiapkan ambulans dan tim mereka pun berangkat.

“Ada informasi dari TRC BPBD bahwa di salah satu kecamatan di Magelang membutuhkan tim pemulasaran dan pemakaman prokes. Di situ ada peluang bagi kami berperan sesuai prinsip kemanusiaan tidak memandang unsur sara,” tutur Tri Susanto seperti dilansir Muhammadiyah.or,id, Senin (2/8/2021).

Ia melakukannya juga karena teringat hadis Rasulullah yakni sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat untuk sesama.

Ia pun menceritakan pengalamannya menguburkan pasien covid non muslim. Ia membawa jenazah lalu saat pemulasaran peti jenazah di masukkan ke liang lahat, kemudian karena makam dibuat bertingkat atasnya ditutup dengan giring (cor) lalu baru di masukkan pasir untuk persiapan makam diatasnya. Sehingga dapat dikatakan satu makam tersebut digunakan oleh dua orang.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker