Utamakan Kearifan Lokal, PBB Usul Tiga Nama Ini Sebagai Cawagub Papua

Abadikini.com, JAYAPURA – Partai Bulan Bintang (PBB) mencalonkan nama Komjen Paulus Waterpauw sebagai calon Wakil Gubernur (Cawagub) Papua, untuk mengisi kekosongan jabatan Wagub Papua setelah Klemen meninggal dunia. Waterpauw saat ini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri.

Selain Waterpauw, PBB juga mencalonkan dua nama lainnya yakni Kenius Kogoya yang saat ini Ketua Partai Hanura Provinsi Papua, serta Yansen Tinal yang merupakan adik kandung dari almarhum Klemen Tinal dan merupakan kader Partai Golkar.

Ketua DPW PBB Papua, Fransiskus Xaverius Magai menjelaskan dalam waktu dekat akan digelar rapat tingkat DPW untuk memutuskan siapa nama yang akan diusulkan ke partai pengusung.

Menurutnya, meski PBB adalah partai pendukung non seat, tetapi sebagai salah satu partai koalisi mempunyai hak untuk mengajukan atau mengusulkan nama cawagub, termasuk memberikan saran atau masukan kepada Gubernur Lukas Enembe dan tim koalisi Lukmen yang nantinya akan memutuskan untuk ajukan nama-nama cawagub ke DPR Papua.

“Hanya saja, kami berharap pengajuan nama-nama cawagub itu tidak melupakan kearifan lokal Papua, adat istiadat setempat sehingga pengusulan nama-nama itu dikemudian hari tidak menjadi persoalan. Apalagi almarhum Pak Klemen Tinal dari wilayah adat Meepago sehingga kita juga harus pertimbangkan hal ini dengan baik,” kata Fransiskus Magai lewat keterangannya, Ahad (1/8/2021).

Pihaknya berharap nama-nama cawagub yang diajukan bukan berasal dari satu suku atau wilayah adat, sehingga keterwakilan suara itu bisa mengakomodir wilayah adat lainnya.

Kan Pak Gubernur Lukas Enembe itu dari wilayah Lani, Lapago. Baiknya wakilnya dari Meepago, dari wilayah adat almarhum Pak Klemen Tinal,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa, kita semua tahu bahwa dari Partai Demokrat paling kencang mendukung Pak Yunus Wonda, namun nanti keputusan akhirnya ada di DPR Papua.

“Harapannya berbagai usulan dari partai koalisi atau pengusung bisa dipertimbangkan,” tegasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker