LaNyalla Mahmud Mattalitti Serap Aspirasi di Koperasi Konsumen SBW Malang

Abadikini.com, MADIUN – Masa reses dimanfaatkan Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, untuk menyerap aspirasi sebanyak-banyaknya di Jawa Timur. Salah satunya, dengan mengunjungi Koperasi Konsumen Setia Budi Wanita (Kopmen SBW) di Malang, Jawa Timur, pada Selasa (27/7/2021).

Menariknya, di tempat ini LaNyalla mendapatkan masukan mengenai Undang-Undang Pokok Perekonomian Negara. Kehadiran LaNyalla sendiri mendapat sambutan hangat dari Kopmen SBW.

“Di masa reses, kita harus bisa mendengar dan mencarikan solusi untuk masalah yang dihadapi masyarakat. Itu sudah menjadi kewajiban para Senator,” tuturnya.

Menurut LaNyalla peran koperasi sangat penting bagi masyarakat.

“Koperasi bisa membantu masyarakat secara ekonomi. Kita tentu berharap fungsi koperasi bisa terus dioptimalkan,” katanya.

LaNyalla mengatakan, ada sejumlah aspirasi yang disampaikan Kopmen SBW kepadanya.

“Kopmen SBW ingin agar peran koperasi lebih dimaksimalkan. Sebab, dalam UUD 45 pasal 33 ayat 1, disebutkan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berlandaskan atas azas kekeluargaan. Koperasi juga dicita-citakan sebagai Soko Guru Ekonomi Negara. Tapi, sampai sekarang kontribusi ekonomi koperasi terhadap PDB negara hanya 3,9%,” katanya.

Kondisi ini semakin diperparah dengan angka partisipasi masyarakat untuk berkoperasi semakin turun, tinggal 7,8%. Padahal, rata-rata koperasi dunia partisipasinya 16%.

“Dari situ bisa dilihat peran Kemenkop belum maksimal dalam meningkatkan peran koperasi. Karena sekarang koperasi hanya 1 deputi yang mengurusi. Sedangkan 3 deputi lainnya mengurusi UKM,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker