Trending Topik

Gempa Dahsyat Magnitudo 8,1 Guncang Semenanjung Alaska

Abadikini.com, JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 8,1 melanda Semenanjung Alaska, Amerika Serikat, pada Rabu (28/7/2021) malam waktu setempat, menimbulkan ancaman tsunami bagi negara-negara di Pasifik.

National Tsunami Warning Center (NTWC) telah mengeluarkan peringatan untuk bagian selatan, Semenanjung Alaska, dan wilayah pesisir Pasifik dari Hinchinbrook Entrance hingga Unimak Pass.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengeluarkan peringatan untuk negara bagian AS di Hawaii dan wilayah Pasifik AS di Guam.

NTWC mengatakan bahwa mereka sedang mengevaluasi tingkat bahaya tsunami untuk wilayah pesisir Pasifik AS dan Kanada lainnya.

Untuk Indonesia, Kepala bidang mitigasi gempa bumi dan tsunami Badang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono memastikan Indonesia aman dari ancaman tersebut.

“Insya Allah Wilayah Indonesia aman. No Threat di Indonesia Not significant,” ujar @DaryonoBMKG, Kamis (29/7/2021).

Menurut Daryono, berdasarkan modelling TOAST 11 jam 30 menit dengan Estimated Wave Height (EWH) di Jayapura, estimasinya hanya 0.024 m. Atas fakta itu, BMKG memastikan tanah air akan aman.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker