28 Ribu Warga Jatim Jalani Isoman, LaNyalla: Pemda Harus Rutin Pantau

Abadikini.com, MALANG – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan pemerintah daerah (pemda) di Jawa Timur untuk rutin memantau pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Pasalnya, jumlah pasien yang menjalani isoman di Jatim hampir menembus angka 28 ribu orang.

Berdasarkan informasi terakhir dari Satgas Covid-19 Jawa Timur, sebanyak 27.910 pasien Corona, dari total 53.487 pasien, menjalani isoman. Sisanya berada dalam perawatan di rumah sakit atau menjalani isolasi terpusat (isoter).

“Sudah menjadi tugas pemda untuk memastikan keselamatan pasien Covid yang melakukan isoman. Pastikan segala kebutuhan seperti oksigen, obat-obatan, vitamin dan suplemen pasien Covid isoman bisa terpenuhi,” ujar LaNyalla saat kunjungan kerja di Malang, Selasa (27/7/2021).

Senator asal Jawa Timur ini juga meminta pemda memastikan terjaminnya asupan gizi dan logistik bagi pasien isoman. Apalagi, jika isoman dilakukan oleh seluruh keluarga dalam satu rumah. Menurut LaNyalla, pemberian obat-obatan dan vitamin saja tidak cukup.

“Pasien isoman tidak bisa keluar rumah. Bayangkan kalau satu rumah yang melakukan isoman, mereka akan kesulitan memenuhi kebutuhan makanan. Di sini Posko Pengamanan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan sangat penting,” tuturnya.

LaNyalla mengatakan, Posko Pengamanan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan bisa mengatur mengenai pemberian logistik pasien isoman di wilayahnya. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk meringankan kondisi pasien Covid yang melakukan isoman.

“Jangan suruh mereka berpikir sendiri. Terutama untuk satu rumah yang melakukan isoman. Tugaskan pengurus RT/RW untuk memantau. Sediakan kebutuhan makanan pasien isoman dengan dana kas desa, atau ajak warga di sekelilingnya berpartisipasi dengan cara urunan (patungan) memberi stok makanan pasien isoman,” imbau LaNyalla.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker