Jepang Bakal Investasi Produksi Mobil di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan ada empat produsen mobil Jepang yang sudah sepakat menanamkan investasi jangka menengah di Indonesia.

Empat produsen mobil dari Jepang ini bakal memproduksi mobil elektrifikasi, salah satunya Suzuki yang akan melahirkan versi hybrid Ertiga dan XL7.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan keempatnya juga menyatakan bakal memproduksi mobil elektrifikasi, salah satunya Suzuki yang akan melahirkan versi hybrid Ertiga dan XL7.

Dalam materi presentasi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang saat mengikuti Investor Daily Summit 2021 secara daring pada Rabu (14/7), terlihat bahwa Suzuki akan memiliki dua amunisi model baru dari investasi sebesar Rp1,2 triliun yang sudah disiapkan, yakni Ertiga Mild Hybrid dan XL7 Mild Hybrid.

Keduanya model itu merupakan produksi lokal, seperti Ertiga dan XL7 versi mesin bensin yang saat ini sedang dijual di Indonesia. Ertiga Mild Hybrid ditulis akan diproduksi pada 2022, sedangkan XL7 Mild Hybrid pada 2023.

Suzuki tidak sendirian, tiga produsen lain, yakni Toyota, Honda, dan Mitsubishi juga menyatakan bakal memproduksi mobil hybrid dan mobil listrik.

Toyota yang berkomitmen investasi Rp28,3 triliun sampai 2024 bakal memproduksi 10 model hybrid yang lima di antaranya jenis plug-in hybrid. Satu model yang dipastikan adalah Innova Hybrid (2022) dan juga terungkap rencana memproduksi mobil listrik Lexus UX300e (2022).

Honda dengan investasi Rp5,2 triliun sampai 2024 akan memproduksi satu model hybrid baru, namun tak dijelaskan identitasnya.

Terakhir, Mitsubishi dengan investasi Rp11,2 triliun akan memproduksi Xpander Hybrid pada 2023 dan dua model baru. Tertulis pula dalam presentasi bahwa Mitsubishi akan memindahkan produksi pikap L300 dari Indonesia ke Filipina

Agus mengatakan semua itu merupakan bentuk komitmen yang diperoleh usai kunjungan Kementerian Perindustrian ke Jepang pada Maret lalu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker