Amerika Serikat Bakal Cabut Semua Peralatan Huawei di Jaringan Telekomunikasinya

Abadikini.com, WASHINGTON – Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat pada Selasa sepakat untuk memfinalisasi program pengembalian biaya (reimburse) senilai 1,9 miliar dolar AS kepada operator jaringan di pedesaan yang mencopot peralatan buatan perusahaan China, seperti Huawei dan ZTE Corp, dari jaringan telekomunikasi mereka.

Tahun lalu, FCC menetapkan Huawei dan ZTE sebagai ancaman keamanan nasional terhadap jaringan komunikasi di Amerika Serikat.

Penetapan itu menjadi deklarasi yang melarang perusahaan-perusahaan AS memanfaatkan dana pemerintah senilai 8,3 miliar dolar AS untuk membeli peralatan dari kedua perusahaan tersebut.

FCC pada Desember 2020 mengadopsi aturan yang mengharuskan operator dengan peralatan buatan ZTE atau Huawei untuk “menyingkirkan dan mengganti” peralatan itu.

“Ada risiko serius bahwa peralatan itu dapat dimanipulasi, diganggu, atau dikendalikan oleh aktor asing,” kata Ketua FCC sementara, Jessica Rosenworcel.

“Kami akan mengevaluasi setiap jaringan, setiap stasiun pemancar dan setiap router sampai kita mencopot semua peralatan yang dapat merusak keamanan nasional. Ini tugas yang sulit,” ujarnya.

Rencana itu menjadi masalah besar bagi operator di pedesaan yang menghadapi biaya tinggi dan sulitnya menemukan pekerja untuk melepas dan mengganti peralatan.

Huawei mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa aturan baru AS itu “hanyalah upaya tidak realistis untuk memperbaiki sesuatu yang tidak rusak”.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker