Konjungsi Venus dan Mars Terjadi Dari Kemarin Hingga Malam Ini

Abadikini.com, JAKARTA – Fenomena konjungsi atau berdekatannya planet Venus dan Mars dalam satu garis lurus akan terlihat pada Senin malam (12/7/2021) kemarin dan malam ini (13/7/2021).

Sebuah konjungsi terjadi ketika benda-benda angkasa tampak dekat atau bertemu satu sama lain. Mars dan Venus memang tidak dekat secara fisik di luar angkasa. Tapi pada suatu waktu tertentu keduanya bisa tampak sedang berdekatan atau berkumpul ketika dilihat dari sudut pengelihatan di Bumi.

Sepanjang bulan ini, Mars dan Venus memang akan tampak berdekatan di langit malam. Namun, pada malam 12 dan 13 jadi istimewa karena keduanya hanya akan terpisah selebar jari tangan saja.

Setelah itu lihat langit sekitar setengah jam kemudian, dan cari planet-planet yang muncul ke arah barat. Mars tidak akan terlihat seterang Venus, tetapi Anda dapat melihat rona kemerahannya yang khas. Dikutip CBS News, fenomena konjungsi Venus dan Mars akan tampak pada 12 Juli malam, dan masih terlihat sangat dekat pada 13 Juli, tepat setelah Matahari terbenam.

Waktu Matahari terbenam di Jakarta, menurut situs Time and Date akan terjadi pada 17:52 WIB. Anda bisa menyesuaikan waktu terbenam Matahari sesuai kota dengan melakukan pencarian di situs ini. Melansir EarthSky, Venus akan tampak sangat terang di langit malam, sekitar 200 kali lebih terang dari Mars, yang mudah terlihat dengan warna kemerahan khasnya. Teleskop atau teropong akan membantu visibilitas, tetapi kedua planet akan terlihat jelas dengan mata telanjang begitu Matahari terbenam.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker