Bupati Amran Hi Yahya Bantah, Tolitoli Masuk Zona Merah Covid-19

Abadikini.com, TOLITOLI – Penetapan kabupaten Tolitoli sebagai zona merah Covid-19 oleh satgas Covid -19, Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Tengah di bantah bupati tolitoli Amran Haji Yahya.

Usai mengelar rapat kordinasi bersama unsur Satgas Covid-19 di aula kediaman bupati pada jumat malam (9/7/2021) yang di hadiri Dandim, Kapolres Danlanal, Kajari, ketua IDII, Dinas kesehatan.

Bupati Amran yang juga merupakan kader Partai Bulan Bintang itu mengatakan setelah mendengar kajian berbagai pihak mengacu satgas pusat, penetapan zona merah jika telah terjadi penularan secara masif dan hampir menyeluruh di semua wilayah.

Ssementara itu, Tolitoli berdasarkan data dari 10 kecamatan hanya beberapa kecamatan yang ada kasus dan yang paling banyak di wilayah kecamatan Baolan.

“Namun demikian bukan berarti pemda melalui satgas tidak menyikapi status tersebut. Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan unsur satgas tadi akan segera ditempuh sejumlah langkah dan kebijakan. Untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran covid yang semakin banyak, yakni kembali menegakan disiplin dan protokol kesehatan yang diikuti penegakan yustisi, termasuk antisipasi pada faslitas kesehatan yang ada di daerah ini atau penyiapan tempat karangtina “Kata Amran Hii Yahya.

Menyingung penetapan PPKM, Bupati menegaskan lebih pada penekanan prokes atau tidak sampai menutup tempat-tempat usaha , karena jika tempat usaha di tutup akan berdampak pada perekonomian masyarakat yang selama ini telah terdampak pandemi.

“Iya pak pemda tentunya berupaya covid di daerah ini tidak semakin banyak, ,masyarakat tetap sehat dan ekonomi tentunya harus tetap berjalan, kasian masyarakat yang selama ini telah terdampak pandem. makanya sekali lagi saya minta semua masyarakat patuh pada prokes 5 M dan mari sukseskan program vaksinasi untuk segera terbentuk kekebalan kelompok”harap bupati Amran Hi Yahya yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PBB Tolitoli itu.

Sementara itu berdasarkan data di laman Covid -19 Sulteng hingga 9 juli kasus terkonfirmasi positif covid di Tolitoli mencapai 612 .kasus sembuh 502 .meninggal dunia 40. berada di angka 6,54 persen atau menempatkan Tolitoli di urutan kedua setelah bangga laut yang berada di 7,89 persen CFRNya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker