Harga Tabung Oksigen Melonjak Rp6 Juta, Bisa Berubah Dalam Hitungan Jam

Abadikini.com, JAKARTA – Aktivis Adamsyah Wahab mengecek ke lapangan soal lonjakan harga tabung oksigen di pasaran. Dia membayar Rp6,2 juta per tabung, harga berubah dalam hitungan jam

Dugaan adanya “permainan” dalam kelangkaan oksigen hingga menyebabkan lonjakan harga turut ditelusuri oleh Adamsyah Wahab.

Adamsyah Wahab bahkan mengecek langsung ke lapangan soal lonjakan harga oksigen di pasaran.

“Fakta: Pagi saya mencoba untuk membeli tabung O2 (oksigen) yang 6 M³, harga di Rp 3,7 juta per unit. Tabung doang. Maklum, organisasi ada mekanisme admin,” kata Don Adam, sapaan akrabnya di akun Twitternya, Senin (5/7).

Namun demikian, harga di pasaran secara mengejutkan berubah drastis hanya dalam hitungan jam.

Aktivis dari Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) ini mengaku mendapatkan harga yang meonjak berlipat-lipat.

“Sejam kemudian saya terpaksa deal di harga Rp 6 juta. Siang ini, saya mau transfer harga sudah Rp 6,2 (juta),” ungkap Don Adam.

Melihat fakta yang terjadi di lapangan tersebut, Don Adam pun meminta pemerintah tak berdiam diri dan segera bertindak.

“Woi pemerintah, atur dong HET tabung O2!” tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kurniasih Mufidayati.

Politisi PKS ini meminta kepada aparat berwenang untuk melakukan pengawasan dan menindak spekulan yang menjual harga tabung dan pengisian oksigen jauh di atas harga wajar.

Sebab, ia mengaku mendapatkan informasi peningkatan harga yang tidak wajar hingga mencapai 500 persen, misalnya, tabung oksigen yang biasanya seharga Rp 500 ribu kini melonjak sampai Rp 2,5 juta.

“Jangan sampai masyarakat yang sudah mendapat musibah akibat terpapar Covid-19 mendapatkan masalah lagi karena kelangkaan dan mahalnya tabung oksigen,” tegas Kurniasih.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker