Gandeng NASA, Pemerintah Pantau Mobilitas Warga Selama Masa PPKM Darurat

Abadikini.com, JAKARTA – Penanggung Jawab pemberlakuan pelaksanaan Kegiatan Masyarakat PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah melakukan pemantauan secara komprehensif dalam pelaksanaan PPKM Darurat.

Bahkan pemerintah menggandeng lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA (National Aeronautics and Space Administration).

“Kita engage Facebook Mobility dan Google Trafic serta cahaya malam dengan NASA,” kata Luhut dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Pemerintah melakukan monitoring pergerakan warga selama PPKM Darurat dengan menggunakan Indeks Mobilitas dan Cahaya Malam.

Dengan cara seperti itu, lanjut Luhut, Pemerintah dapat memantau pergerakan atau mobilitas warga dalam pelaksanaan PPKM darurat.

Pihaknya nanti akan membandingkan efektifitas pembatasan mobilitas di masa PPKM darurat dengan PPKM sebelumnya periode 24 Mei sampai 6 Juni.

“Sehingga kita punya data yang lebih akurat,” ujarnya.

Luhut juga mengatakan, untuk monitoring mobilitas di DKI Jakarta pemerintah memadukannya dengan data di DKI Jakarta yang reliabel sebagai banchmark.

Sehingga, kata Luhut, bisa diketahui perubahan mobilitas yang berkorelasi erat dengan jumlah kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

Luhut mengatakan pelaksanaan PPKM Darurat sejauh ini masih sangat terkendali.

Ia mengakui masih terjadi sejumlah permasalahan dalam pelaksanaan PPKM Darurat namun masih dapat diatasi satu persatu.

“Jadi ini semua kerja sama kita, jadi kalau ada yang bilang semua tidak terkendali sangat tidak benar. Bahwa ada masalah, sangat banyak masalah, tapi masalah ini satu persatu kami kira kita selesaikan dengan baik,”ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker