Akses Teknologi Jadi Nilai Tambah Tingkatkan Daya Saing UMKM

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan, akses teknologi memberikan nilai tambah untuk meningkatkan  daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan, kelebihan itu di antaranya mampu saingi pemain besar karena digitalisasi tidak memandang kapasitas sumber daya.

“Untuk membedakan bisnis anda dan memberikan nilai tambah, berikan value yang lebih gitu dengan menuju digital. Akses terhadap teknologi ini baiknya adalah tidak perlu selalu tergantung dari mereka yang punya sumber daya besar,” ujarnya dalam webinar “Indonesia Future Digital Economy Outlook: Membentuk Pola Pikir Para Disruptor Industri”, Senin (5/7/2021).

Selain itu, Dedy juga mengatakan sekarang ini pelaku UMKM juga bisa manfaatkan perangkat yang disediakan oleh startup lokal Indonesia untuk meningkatkan penjualan.

“Di mana tools ini ataupun perangkat bantu ini sudah siap untuk UMKM. Mudah digunakan keuntungannya dan Anda bisa fokus ke bisnis Anda,” ujarnya.

Dia menambahkan, pelaku UMKM juga tidak usah memusingkan terkait pembayaran pajak karena sudah diatur sistem.

“Saya harus mikirin gimana laporan-laporan pajaknya, tidak usah pusing. Sudah ada startup yang sudah bikinin laporan pajaknya,” ungkap Dedy.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker