Solusi Penggajian Praktis dan Efektif Lewat Software Payroll

Abadikini.com – Penggajian dalam perusahaan bukan lagi aktivitas yang asing. Akan tetapi, tidak jarang jika perusahaan mengalami berbagai macam kendala. Solusi praktisnya, perusahaan bisa mengandalkan software payroll yang jauh lebih praktis dan efisien. Kenapa sih harus menggunakan software payroll Indonesia? Mari ikuti ulasan di bawah ini! 

Apa itu software payroll? 

Istilah payroll pasti tak lagi asing bagi perusahaan. Lantas, apa itu software payroll? 

Baca Juga

Singkatnya, software payroll adalah sebuah perangkat lunak yang mampu memproses dan mengolah data karyawan yang terkait dengan penggajian dalam satu sistem terpusat. Semua komponen penggajian seperti gaji pokok, uang lembur, tunjangan, pajak penghasilan, potongan BPJS juga dapat diproses dengan cepat dan akurat menggunakan software.

Karena ini, HRD bisa meluangkan waktu mereka untuk mengurusi pekerjaan lain ketimbang harus bertahan dengan cara manual yang memakan waktu lama dan rumit, mengingat jumlah karyawan dan keberagaman komponen penggajian yang ada. 

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Keunggulan software payroll dibandingkan pengelolaan gaji manual

Jika dilihat sekilas dari uraian di atas, software payroll cukup menguntungkan dari segi waktu dan efisiensi. Namun, ada lagi keunggulan lain dari software payroll dibandingkan pengelolaan gaji manual! 

Apa saja keunggulan itu? 

Mampu menyusun laporan dan slip gaji otomatis

Apakah Anda bosan menghimpun data penggajian untuk proses penyusunan laporan dan slip gaji? 

Dengan menggunakan software, Anda sebagai HRD tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk membuat laporan dan slip gaji karyawan. Semua dapat diproses secara otomatis dan singkat. Kemudian, HRD juga dapat menyusun tampilan pada laporan penggajian sehingga lebih mudah dipahami untuk kebutuhan user. 

Nantinya laporan penggajian akan digunakan untuk penyusunan strategi dalam penggajian karyawan. Sementara untuk slip gaji, akan digunakan bagi karyawan untuk berbagai keperluan di luar pekerjaan seperti pengajuan kredit dan sebagainya. 

Sistem keamanan ketat

Data atau informasi penggajian yang bocor berpotensi memicu terjadinya berbagai macam konflik antar karyawan. Untungnya, software payroll dapat menyimpan semua data karyawan dalam satu pusat. Semua ini berkat dukungan cloud based server yang mampu menyimpan informasi karyawan dalam jumlah banyak. 

Software payroll dari LinovHR adalah salah satu contoh software khusus penggajian yang dapat mempunyai sistem keamanan yang kuat. Maka data karyawan yang ada sulit untuk disalahgunakan atau dimanipulasi. 

Bisa digunakan kapan dan di mana saja 

Ketika harus menghitung atau memproses gaji karyawan, biasanya HRD akan melakukannya di kantor. Namun, tidak demikian dengan software payroll. Software ini dapat digunakan di mana dan kapan saja. Jadi, bukan tidak mungkin jika HRD dapat memproses penggajian karyawan ketika work from home sekalipun! 

Bisa dikatakan bahwa software payroll merupakan solusi atas penggajian yang lebih praktis dan efektif. Dengan begitu, HRD tidak perlu lagi menghabiskan waktu lama untuk proses penggajian. Semua bisa selesai dalam waktu cepat berkat adanya software payroll. 

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker