Ali Ibrahim: HNSI Harus Jadi Mitra Pemerintah dalam Perjuangkan Kepentingan Nelayan

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capten Ali Ibrahim yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Maluku Utara melantik sekaligus membuka secara resmi rapat kerja Badan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HNSI Kota Tidore Kepulauan, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore, Rabu (30/6/2021).

Pelantikan pengurus DPC HNSI Kota Tidore berdasarkan surat keputusan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Provinsi Maluku Utara Nomor : KEP-05DPD-HNSI.MU/2020 tentang pengesahan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kota Tidore Kepulauan.

Walikota yang juga selaku Ketua DPD HNSI Maluku Utara, Ali Ibrahim dalam sambutannya menegaskan bahwa Provinsi Maluku Utara digadang-gadang untuk menjadi salah satu poros maritim Indonesia hal ini menunjukan betapa potensi perikanan Maluku Utara sangat diperhitungkan.

Namun, peluang dan potensi dimaksud belum dimanfaatkan secara optimal karena semua potensi yang besar tersebut belum beriringan dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat nelayan, “Hingga saat ini, 80 persen nelayan lokal kita di Provinsi Maluku Utara masih hidup di bawah garis kemiskinan, penyebabnya karena nelayan kita menghadapi berbagai kendala untuk melaut, sehingga pemanfaatan potensi belum maksimal,” kata Capten Ali Ibrahim.

Untuk itu, HNSI tegas Capten Ali, harus menjadi mitra Pemerintah dalam meperjuangkan kepentingan nelayan, bukan kemudian menjadi lembaga yang antipati terhadap kebijakan dan regulasi, HNSI juga seharusnya menjadi wadah dalam upaya merumuskan program yang sangat bersentuhan terhadap kepentingan nelayan.

“HNSI harus menjadi media dan mitra pemerintah dalam meningkatan kapasitas terkait pengetahuan mengenai pengelolaan hasil tangkapan ikan bagi nelayan, serta HNSI juga harus menjadi Mitra DKP Provinsi Maluku Utara maupun Kabupaten dan Kota dalam Upaya mendukung program lumbung Ikan Nasional,” ujaranya.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker