John McAfee Pencipta Pionir Antivirus Tewas di Penjara

Abadikini.com, MADRID – John McAfee, pencipta perangkat lunak antivirus McAfee, ditemukan tewas di sel penjaranya di dekat Barcelona dalam kasus bunuh diri pada Rabu (23/6/2021), beberapa jam setelah pengadilan Spanyol menyetujui ekstradisinya ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan pajak yang dapat dihukum puluhan tahun penjara, kata pihak berwenang.

Promotor cryptocurrency eksentrik dan penentang pajak yang sejarah masalah hukumnya membentang dari Tennessee ke Amerika Tengah hingga Karibia ditemukan di penjara Brians 2 di timur laut Spanyol. Personel keamanan mencoba untuk menghidupkannya kembali, tetapi tim medis penjara akhirnya menyatakan kematiannya, kata sebuah pernyataan dari pemerintah daerah Catalan.

“Delegasi yudisial telah tiba untuk menyelidiki penyebab kematian,” katanya, seraya menambahkan bahwa “semuanya mengarah pada kematian karena bunuh diri”, seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (24/6/2021).

Pernyataan itu tidak mengidentifikasi McAfee dengan namanya tetapi mengatakan orang yang tewas adalah warga negara AS berusia 75 tahun yang menunggu ekstradisi ke negaranya. Seorang pejabat pemerintah Catalan yang mengetahui kasus tersebut yang tidak diberi wewenang untuk disebutkan namanya dalam laporan media mengonfirmasi kepada Associated Press bahwa itu adalah McAfee.

Pengadilan Nasional Spanyol pada hari Senin memutuskan mendukung ekstradisi McAfee, yang berpendapat dalam sidang awal bulan ini bahwa tuduhan terhadapnya oleh jaksa di Tennessee bermotif politik dan bahwa dia akan menghabiskan sisa hidupnya di penjara jika kembali ke penjara Amerika Serikat

Putusan pengadilan diumumkan pada hari Rabu dan terbuka untuk banding, dengan perintah ekstradisi akhir juga perlu mendapatkan persetujuan dari Kabinet Spanyol.

McAfee ditangkap Oktober lalu di bandara internasional Barcelona dan telah dipenjara sejak saat itu menunggu hasil dari proses ekstradisi. Penangkapan itu menyusul tuduhan pada bulan yang sama di Tennessee karena menghindari pajak setelah gagal melaporkan pendapatan dari mempromosikan cryptocurrency saat dia melakukan pekerjaan konsultasi, membuat janji temu, dan menjual hak atas kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter. Tuduhan pidana membawa hukuman penjara hingga 30 tahun.

Nishay Sanan, pengacara yang berbasis di Chicago yang membelanya dalam kasus-kasus itu, mengatakan melalui telepon bahwa McAfee “akan selalu dikenang sebagai seorang pejuang.”

“Dia mencoba untuk mencintai negara ini tetapi pemerintah AS membuat keberadaannya tidak mungkin,” kata Sanan. “Mereka mencoba menghapusnya, tetapi mereka gagal.”

Pengacara itu mengatakan pihak berwenang Spanyol belum memberikan keterangan mengenai penyebab kematian kepada tim hukumnya, dan dia ingin tahu apakah ada kamera video di sel McAfee atau di penjara.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker