Puluhan Ribu Warga Myanmar Sembunyi di Hutan

Militer melabeli lawannya sebagai teroris, termasuk Pasukan Pertahanan Rakyat seperti Pasukan Pertahanan Nasional Karenni yang telah bertempur di wilayah itu sejak bulan lalu, yang awalnya memicu kematian di pihak tentara.

Walaupun kelompok ini menyampaikan pihaknya akan menghentikan serangan pada Selasa setelah permintaan dari masyarakat, banyak dari mereka yang mengungsi di hutan takut kembali ke rumah mereka.

“Beberapa orang dari desa-desa terpencil pulang ke rumah mengambil beras dan barang-barang selama periode gencatan senjata, tapi banyak yang tidak berani menetap,” kata John Canaydy, dari sebuah desa dekat daerah Demoso, pusat banyak pertempuran.

Canaydy berada dalam daftar perburuan junta karena terlibat dalam unjuk rasa anti militer.

“Tinggal di kamp lebih aman daripada di rumah kami sendiri,” lanjutnya.

Dalam sebuah buletin yang terbit pada Selasa, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan menyampaikan upaya bantuan oleh kelompok nasional dan internasional untuk melengkapi pekerjaan masyarakat lokal belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan.

“Upaya menemui tantangan akses karena ketidakamanan dan hambatan,” katanya.

Beberapa pengungsi berusaha menyelinap ke daerah dan desa-desa terpencil pada malam hari berusaha untuk mendapatkan makanan dan membawanya kembali ke hutan.

Sedikitnya tiga relawan dibunuh pasukan junta ketika mereka berusaha membawa bantuan. Hal ini disampaikan Direktur Kelompok HAM Karenni, Banya Khung Aung.

“Sepertiga populasi sekarang berada di hutan,” ujarnya.

“Pengabaian bisa menghilangkan banyak nyawa.”

Laman sebelumnya 1 2

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker