Trending Topik

Hasil Survei LSI Terbaru, Ganjar Melesat Jauh, Puan Harus Kerja Keras

Abadikini.com, JAKARTA – Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terkait elektabilitas kandidat capres potensial di Pilpres 2024 mendatang.

Nama Prabowo Subianto masih mendominasi dari para kandidat yang lainnya dengan hasil 23,5 persen diatas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hasil rilis survei capres 2024 ini dilakukan secara virtual dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesoner.

Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby mengatakan, memang elektabilitas Prabowo masih tinggi. Namun, angka yang ada sekarang sudah jauh menurun dibandingkan suara dukungan pada Pilpres 2019 yang lalu.

“Saat ini elektabilitas paling tinggi. [Tapi] jangan lupa ini sudah jauh merosot. Dukungan Prabowo sudah turun sekitar 20 persen dibanding suara 2019,” ungkap Adjie, Kamis (17/6/2021).

Lanjut Adjie, Margin of error dalam survei ini sebesar 2,9 persen dengan waktu survei selama 27 Mei hingga 4 Juni 2021 di 34 provinsi. Responden diberi pertanyaan: Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara 9 nama-nama berikut?

Hasilnya adalah:

Prabowo Subianto: 23,5%
Ganjar Pranowo: 15,5%
Anies Baswedan: 13,8%
Sandiaga Uno: 7,6%
Airlangga Hartarto: 5,3%
Agus Harimurti Yudhoyono: 3,8%
Puan Maharani: 2%
Moeldoko: 0,1%
Tidak tahu/tidak jawab: 26,5%

Berdasarkan hasil survei LSI ada nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani yang berasal dari PDIP. Tentu Gubernur Jateng tersebut diatas kertas lebih unggul dibandingkan anak Megawati Soekarnoputri.

Adjie menambahkan, hingga saat ini belum jelas seberapa besar keinginan PDIP, baik di tingkat pusat, daerah, hingga simpatisan untuk mengusung Puan.

“PR bagi Mbak Puan bagaimana PDIP punya satu suara, baik di pusat maupun daerah untuk sama-sama mendukung dia,” kata Adjie.

Adjie mengatakan, salah satu cara memastikan dukungan itu yakni melalui rekam jejak yang mumpuni. Menurut Adjie, hingga saat ini kinerja Puan, baik ketika menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan maupun Ketua DPR, belum terlalu menonjol untuk bisa menjadi magnet bagi publik.

“Harus dioptimalkan lagi bahwa pengalaman di pemerintahan dan DPR bisa menjadi magnet bagi publik bahwa Mbak Puan sosok yang layak,” ujar Adjie.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker