AS Kirim Kapal Induk ke Laut Natuna Utara, China Ngambek

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah kapal induk Amerika Serikat (AS) yang dipimpin USS Ronald Reagan telah memasuki kawasan Laut Natuna Utara, demikian dilaporkan Reuters pada 15 Juni 2021.

Atas aksi militer As tersebut, China murka dan meningkatkan operasi militernya di kawasan Laut Natuna Utara dalam beberapa tahun terakhir dengan mengirim kapal-kapal perang termasuk membangun pulau artifisial untuk pangkalan udara.

Di sisi lain, pesawat tempur AS sering melintas di kawasan Laut Natuna Utara, diduga sebagai ajang unjuk kekuatan kepada China.

China menganggap kehadiran AS di Laut Natuna Utara akan akan mengganggu stabilitas dan perdamaian di kawasan tersebut.

Ketegangan China-AS semakin meningkat setelah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 digelar di London, Inggris pada Minggu, 13 Juni 2021.

Dalam pertemuan itu, China menyindir negara-negara anggota G7, termasuk AS, dengan menyebut mereka sebagai kelompok kecil.

China menilai, sudah saatnya kelompok kecil tidak lagi mendikte keputusan global yang menentukan banyak negara di dunia.

“Hari-hari ketika keputusan global didikte oleh sekelompok kecil negara sudah lama berlalu,” kata juru bicara Kedutaan besar China di KTT G7.

“Kami selalu percaya bahwa negara, besar atau kecil, kuat atau lemah, miskin atau kaya, adalah sama, dan bahwa urusan dunia harus ditangani melalui konsultasi oleh semua negara,” sebutnya menambahkan.

AS mengatakan, masuknya sejumlah kapal induk ke Laut Natuna Utara adalah bagian dari operasi rutin militernya di kawasan tersebut.

“Selama berada di Laut Natuna Utara, angkatan perang berlatih operasi keamanan maritim yang meliputi latihan penerbangan, latihan serangan maritim, dan latihan unit koordinasi antara pasukan darat dan udara,” sebut pernyataan resmi Angkatan Laut AS.

“Kehadiran kapal induk di Laut Natuna Utara adalah bagian dari latihan rutin Angkatan Laut AS di kawasan Indo-Pasifik,” sebut keterangan resmi lagi.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker